PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di Kelas V SD Negeri Pakuwon II Garut Kota)

Khoerunnisa .

Abstrak


Pada dasarnya peserta didik memiliki potensi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual, akan tetapi pada kenyataannya kebiasaankebiasan atau akhlak siswa yang mencerminkan kecerdasan emosional seseorang sering muncul. Hal ini ditandai dengan meningkatnya tindak kekerasan dan kekecewaan seperti sikap menentang guru, bohong, cepat marah, dan mudah tersinggung dan sebagainya.Adapun realita yang ada di SD Negeri Pakuwon II Garut Kota.Ada siswa yang tidak jujur, cepat marah ketika diberitahukan ulangan
mendadak oleh gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa, dan akhlak siswa, serta pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siwa di SD Negeri Pakuwon II Garut kota.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini dianggap tepat untuk menggali, mengungkap dan meganalisa fenomena yang ada. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 34 orang, hal ini dilakukan mengingat jumlah populasi relative kecil. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Kemudian datanya dianalisis dengan dua pendekatan yaitu pendekatan parsial dan korelasional. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kecerdasan emosional siswa dilihat dari indikatornya menunjukan kriteria baik hal ini dibuktikan dengan skore rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan angket menunjukkan hasil 68,8%, dan akhlak siswa menunjukan kriteria cukup baik juga hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan angket menunjukkan hasil 62,2% Korelasi anatara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa termasuk berkualifikasi rendah dan signifikan, hal ini terbukti dari koefisien korelasi sebesar 0,4402. Kemudian kecerdasan emosional siswa mempengaruhi akhlak siswa sebesar 16,18%. Dengan demikian terdapat faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa sebesar 83,82 %.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Akhlak

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016