PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas V SDN Mulyasari II Kecamatan Bayongbong Garut)

Tintin Suhartini

Abstrak


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Mulyasari II Kecamatan Bayonbong Garut. (2) Untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Mulyasari II Kecamatan Bayongbong Garut. Hal ini berdasarkan fakta permasalahan yang terkait dengan masih kurang memuaskannya hasil belajar IPA yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, metode ceramah masih digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bersifat penelitian lampangan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif antara gutu, observer dan kepala sekolah. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus dau pertemuan.Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mulyasari II berjumlah 25 orang. Pengumpulandata penelitian ini adalah dengan cara (1)Observasi, (2) Angket (3) Tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata penggunaan metode Pembelajaraan Kooperatif Tife Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada konsep cahaya dan alat optik. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas V setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan
menggunakan metode Pembelajaraan Kooperatif Tife Numbered Heads Together (NHT), yaitu dari rata-rata hasil pretest 53,6, rata-rata nilai siklus I 72,4, rata-rata nilai siklus II 76,36 dan rata-rata nilai siklus III 82

Kata kunci : Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together, Hasil
Belajar

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © journal.uiga.ac.id 2016