Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika

Nurdin Muhamad

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa peringkat Indonesia dalam PISA untuk kemampuan matematika masih berada di peringkat ke-73, hal tersebut masih tergolong sangat rendah. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara sebelum penelitan dibeberapa sekolah diwalayah Garut, yang hasilnya bahwa kemampuan matematika rendah dan salah satu cara untuk meningkatkannya melalui peningkatan berfikir kreatif peserta didik, sehingga cara yang perlu dilakukan adalah diminimalisir bahkan ditingkatkan dengan penerapan model Project Based Learning (PJBL). Pada pelaksanaannya tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan, pengaruh, serta mengatahui besarnya peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkannya model tersebut. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain eksperimen ulang (Pretest-Posttest Control Group Design), instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk mengambil data berupa lembar observasi, wawancara dan tes kognitif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif setelah diterapkan model Project Based Learning (PJBL) hasil observasi mendapatkan nilai 0,90 dengan kategori sangat baik dialnjutkan dengan uji t untuk pengujian hipotesis, hasilnya bahwa 0,00 < 0,05 atau Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan model project based learning (PJBL). Untuk melihat seberapa tinggi peningkatannya maka dilakukan pengujuan Gain, hasilnya terdapat peningkatan sebesar 0,72 dengan kategori tinggi.

 


Kata Kunci


Model Project Based Learning (PJBL), Berfikir Kreatif.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Daftar Pustaka

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1) :49–60.

Kumalaretna, W., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2): 195–205.

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2): 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Ulandari, N. Dkk (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Pandangwati, T., Ulfa, S., & Toenlioe, A. J. E. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Rangkaian LEAD ( Listen , Explore , Analyze , and Do ) untuk Menumbuhkan Adversity Quotient Berbantuan Mobile Learning Schoology. Jurnal Pendidikan, 3(7): 873–877.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1): 209-220.

Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9): 70–82. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v2i2.3126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: