Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Simetri Lipat Bangun Datar di Kelas III SDN Cimanggung IV

Tina Herlina

Sari


Tujuan utama penelitian ini adalah sebagai berikut : Mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi simetri lipat dan putar bangun datar.Mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran koopenitif dapat membantu siswa memahami materi simetri lipat dan putar bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan Supervisor, pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukan kemajuan. Mereka menyimpulkan hal tersebut berdasarkan hasil tes dan observasi yang telah dilakukan.

Dari hasil tes siklus I dan II pada pembelajaran matematika diperoleh peningkatan penguasaan siswa dalam mengerjakan tes yang diberikan oleh guru dimana pada siklus I siswa yang menguasai materi diatas 70 adalah 66,78%.  Dimana masih ada yang mendapatkan nilai 50 dan 60 sebanyak 8 orang siswa, hal ini terjadi karena : Guru masih terpaku pada cara mengajar yang cenderung verbalisme. Belum maksimalnya penggunaan media atau alat peraga.Kurang memberikan bimbingan dalam diskusi.Sedang pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80,71%, sehingga 100% sudah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 60.  Hal ini terjadi karena :Penjelasan dilengkapi dengan mrnggunakan model pembelajaran kooperatif.Dalam menyampaikan penjelasan disertai dengan contoh yang nyata. Penjelasan tidak terlalu cepat. Penggunaan alat peraga dengan maksimal. Menggunakan papan tulis dan media lainnya dengan semaksimal mungkin. Namun demikian masih ada siswa yang belajarnya kurang maksimal, yaitu masih adanya siswa yang memperoleh nilai 50 sebanyak 6 orang siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80,71% dimana yang mendapatkan nilai 100 ada 3 orang, nilai 90 ada 5 orang nilai 80 ada 11, dan nilai 70 ada 9 orang.  Hal ini terjadi karena : Digunakannya metode lain selain ceramah, misalnya metode diskusi.

Dalam menyampaikan penjelasan disertai dengan contoh yang konkrit. Mengadakan tanya jawab secara bergiliran.Kalimat pertanyaan dibuat sesederhana mungkin.Dalam perbaikan pembelajaran untuk mata pelajaran matematika hasil belajar meningkat dari 66,78% siswa yang berhasil menguasai materi 70 ke atas menjadi 80,71%.Manfaat bagi guru,dapat mengidentifikasi dan mengatasi kesulitan dalam pembelajaran matematika.Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran matematika.Manfaat bagi siswa, Menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Mempermudah, penguasaan serta peningkatan kemampuan dan kreativitas berfikir siswa dalam pembelajaran matematika.Manfaat bagi sekolah, Memperbaiki pembelajaran matematika.Tercapainya tujuan kurikulum.Menciptakan lulusan yang berkualitas.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, pemahaman siswa, simetri lipat bangun datar


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Wardani, I.G.A.K. Julaeha, Siti. Marsinah, N. (2008). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hudoyo, Herman. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991) Jakarta: Balai Pustaka.

Karim, M.A. (1996/1997) K (1996). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Karli, Hilda. (2003). Model-model Pembelajaran. Bandung: CV. Bina Media Informasi.

Kasbolah, Kasihani, E.T. (1998/1999) Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdikbud.

Lie, Anita. (1992). Jigsaw; Cooperative Learning EFL Student. Jakarta: Gramedia.

Margaretha. (2003). Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: CV. Bina Media Informasi.

Rakhmat C. dkk. (1998/1999) . Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Pendidikan Matematika. Bandung: Tarsito.

Rasmadi. (1988). Metodik Khusus Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sunaryo, K. (1996). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Rachmat, A. (2004). Matematika 5. Bandung. Sarana Panca Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i2.2171

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: