Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas IX Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw

ely rahayuningsih

Sari


Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran fisika di SMP sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran tradisional.

Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreatifitas guru mutlak perlu dikembangkan.

Dalam rangka peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran fisika dilakukan PTK dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw melalui tiga siklus pada konsep Kemagnetan di kelas IX A tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Pamulihan.

Hasil penelitian menunjukkan kenaikan prestasi hasil belajar siswa yang diikuti dengan peningkatan aktifitas siswa dalam KBM dan pemunculan ketrampilan kooperatif siswa dalam KBM tersebut. Dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran fisika pada kelas IX A SMP Negeri 1 Pamulihan.


Kata Kunci


hasil belajar, aktifitas siswa, pembelajaran kooperatif tipe Jig-Saw.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Agung Purwadi (1998), Pengantar Action Research untuk guru SLTP

Aronson, E, Stephen, C, Sikes, J, Blaney, N, and Snap, M (1978), The Jigsaw Classroom

Dirjen Dikdasmen Depdiknas (1994), Kurikulm SLTP dan GBPP mata pelajaran IPA – Fisika SLTP

Dirjen Dikdasmen Depdiknas (2000), Bekerja dengan guru

Hasan Rochjadi, Drs (200), Evaluasi Pendidikan

Kasihani KE, Dr, Hj dan Suyanto, MA (1999) PTK, Guru Sebagai Peneliti

Nur, Muhammad (2000), Konsep Tentang Arah Pengembangan Pendidikan IPA SMP dan SMU Dalam Waktu 5 Tahun Yang Akan Datang

Pasat Kurikulum Balitbang Depdiknas (2001), Kurikulum Masa Depan, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Suhaenah A, Suparno (1998), Penelitian Tindakan Kelas

Suyanto, Prof, Ph.D (2001), Guru Profesional, Tuntutan Reformasi Pendidikan Yang Tak Terelakkan

Tini Sumartini, S.Pd; Moh. Uzer Usman, Drs, M.Pd, (2001), Pengelolaan Kelas.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.2156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: