Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Barisan dan Deret Aritmatika dan Geometri di Kelas IX-A SMPN 1 Tomo

Penulis

  • Syarifah syarifah smpn 1 tomo

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.2152

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Barisan dan Deret Aritmatika.

Abstrak

Dikelas IX A  SMP Negeri 1 Tomo pada semester 2 di ajarkan materi barisan dan deret aritmatika dan geometri. Namun, masih banyak siswa yang kurang paham terhadap materi tersebut.Hal tersebu tdapat terlihat dari prestasi belajar siswa ya g terbilang rendah. Hal tersebut di sebabkan karena metode pembelajaran di kelas IX-A masih menggunakan metode konvensional. Pembelajaran konvensional yang umum dilakukan adalah metode mengajar dalam bentuk ceramah atau informatif, dimana mengajar lebih banyak berbicara dalam menginformasikan fakta atau konsep. Sedangkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat saja sehingga hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa yang berakibat siswa kurang dapat memahami peajaran yang disampaikan guru.Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Barisan dan Deret Aritmatika dan Geometri adalah Melalui Model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning  adalah suatu cara mengajar dimana dalam pembelajaran tersebut dirancang masalah-masalah yang menuntut siswa mendapat pengetahuan yang penting, membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki strategi belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim.hasil penelitian  yang  dilakukan  di  SMP Negeri 1 Tomo yaitu terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX A  SMP Negeri 1 Tomo pada materi barisan dan deret aritmatika dan geometri. Pada prasiklus jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 10 siswa, kemudian meningkat padasiklus 1 mencapai 23 siswa dan padasiklus 2 mencapai 31 siswa.Maka penelitian dengan permasalahan "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Barisan dan Deret Aritmatika dan Geometri di Kelas IX A  SMP Negeri 1 Tomo Tahun Ajaran 2019/2020 ", dalam proses dan jangka waktu yang tidak pendek, model pembelajaran problem based learning tersebut berdampak positif bagi siswa yaitu siswa kelas IX-A bisa meningkatkan Prestasi Belajarnya pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika dan Geometri.

.

Referensi

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral

Pendidikan Tinggi Depdiknas

Andayani, dkk. (2009). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Alien, Deborah E. et al- 1996. The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publisher.

Ducch, Barbara J. 1996. Problem-Based Learning Physics . The Power of Students Teaching Students. Journal of College Science Teacher (JCST). 25(5): 326-329.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati ,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Enjah Takari. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. PT Genesindo.

Fogarty, Robin. 1997. Problem-Based Learning and Other Curriculum Models for the Multiple Intelligences Classroom. Australia: SkyLight.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Gall, Gall, dan Borg. 2003. Educational Research an Introduction : Seventh Edition.

Gallagher, Shelagh A & Stepien. William J. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classroom. School Science and Mathemathic.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Hadiat. 1988. Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PTK Depdikbud.

Jamil Suprihatiningrum. 2020. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lukmanul Hakim. (2009). Perencanaaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Muhroji dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mohamad Surya. (1999). Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyani Sumarni, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Ngalim Purwanto (2006 ). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution. S (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

http://fadillahami.blogspot.co.id/2014/01/barisan-dan-deret-aritmatika-geometri.html

Diterbitkan

2022-10-22