Metode Guru Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di MIS Al Mahdiyin Kadungora Garut

Nurul Fatonah, Rudi Akmal, Dini Rusmiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di MIS Al Mahdiyin Kadungora Garut. Tunagrahita ini termasuk ke dalam jenis anak yang memiliki kecerdasan otak di bawah rata-rata atau keterbelakangan intelektual. Walaupun anak tunagrahita ini memiliki hambatan dalam kecerdasannya, anak tunagrahita harus tetap mendapatkan haknya sebagai peserta didik, mendapatkan pelayanan yang layak baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Dalam mengajarkan anak tunagrahita harus dengan strategi dan pendekatan yang penuh kasih sayang dan pengertian, serta penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Guru harus memberikan pelayanan yang selayak-layaknya. Anak tunagrahita sama dengan anak-anak yang lainnya memiliki masa depan yang cerah dan cita-cita yang tinggi.

Kata Kunci


Metode Pembelajaran, Pelayanan Guru, Tunagrahita

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Bumi Aksara.

Dra. Sumiati dan Asra, M. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Gisselawati, D., & Fatonah, N. (2022). Linieritas Pendidikan Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SDN Karang Anyar 03. Jurnal PGMI Universitas Garut, 1(1), 41–44.

Ginting, A. (2014). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. 1, 12–16.

Hasibuan, J. J. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Ishmi, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal WARAQAT .

Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.

Kustawan. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.

Makhfiroh, K. M. (2017). Layanan Bimbingan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang. Central Library Of Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus . Depok: LPSP3 UI.

Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan.

Nurul Fatonah. (2019). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI. In UPI.

Ningrum, A. L. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini di Kota Kediri (Studi Pada PAUD Inklusif YBPK Semampir), Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal Care.

Priyanto, S. E. (2014). Motivasi Guru Terhadap Pebelajaran Anak Tunagrahita Mampu Didik di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: DIVA Press.

Satriani. (2017). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). IAIN Manado.

Siti Fatimah Mutia Sari, Binahayati, Budi Muhammad. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM.

Soleha, Erika Setia Ningsih, Siska Dwi Paramitha. (2017). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Sedang) di SLB Negeri Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan Islam.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan KOmpetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tarigan, E. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Jurnal Pionis LPPM .

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (PLB) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. Jurnal Pendidikan Inklusi.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i2.2061

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: