PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TENTANG TANAH
Sari
Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti sebelum dilakukan penelitian, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 26.08% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 34.78% dengan rata-rata nilai 54.13. Pada kegiatan siklus I persentase aktivitas belajar siswa mencapai 60.86%, kemudian pada siklus II persentasenya menjadi 86.95%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 69.56% dengan rata-rata nilai 70.43, sedangkan pada siklus II mencapai 91.3% dengan rata-rata nilai 86.30. Jika dihitung, peningkatan hasil belajar siswa pada data awal dan siklus II dengan perhitungan indeks gain mendapat selisih 0.7 dapat dikategorikan peningkatan tinggi. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu penggunaan model pembelajaran Take and Give pada materi tanah di kelas V SDN Cimukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Teks Lengkap:
Download (PDF)Referensi
Bawono, Gunawan Setyo Tri. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 1 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal: 1 . http://jurnalmahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkippgsd/article/download/632/564, on 15th March 2018.
Udayanti & Ristiani. (2017). Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 1 Hal: 51. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/10118/6454, on 15th March 2018.
Widyaningrum, Marlina. (2012). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Take and Give pada Siswa Kelas IV SDN Manjung 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal: 2. http://eprints.ums.ac.id/22483/19/Naskah-Publikasi.pdf, on 15th March 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.1555
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pengunjung :
Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id
Copyright © journal.uniga.ac.id 2021 | This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing: