PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TENTANG TANAH

Yena Sumayana, Sutarman H, Melly Santisah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari kegiatan siklus I dan siklus II. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cimukti Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti sebelum dilakukan penelitian, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 26.08% dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 34.78% dengan rata-rata nilai 54.13. Pada kegiatan siklus I persentase aktivitas belajar siswa mencapai 60.86%, kemudian pada siklus II persentasenya menjadi 86.95%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 69.56% dengan rata-rata nilai 70.43, sedangkan pada siklus II mencapai 91.3% dengan rata-rata nilai 86.30. Jika dihitung, peningkatan hasil belajar siswa pada data awal dan siklus II dengan perhitungan indeks gain mendapat selisih 0.7 dapat dikategorikan peningkatan tinggi. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu penggunaan model pembelajaran Take and Give pada materi tanah di kelas V SDN Cimukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Bawono, Gunawan Setyo Tri. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 1 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal: 1 . http://jurnalmahasiswa.unisri.ac.id/index.php/fkippgsd/article/download/632/564, on 15th March 2018.

Udayanti & Ristiani. (2017). Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVA.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 1 Hal: 51. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/10118/6454, on 15th March 2018.

Widyaningrum, Marlina. (2012). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Take and Give pada Siswa Kelas IV SDN Manjung 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal: 2. http://eprints.ums.ac.id/22483/19/Naskah-Publikasi.pdf, on 15th March 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpgsd.v1i1.1555

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pengunjung :

View My Stats

Jurnal PGSD Uniga
Program Studi PGSD, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan
UNIVERSITAS GARUT
Email: jurnal.pgsd@uniga.ac.id

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing: