Pengaruh Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa di Kelas III Sdn 4 Dano
DOI:
https://doi.org/10.52434/pgmi.v3i2.41530Abstract
sebuah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada sebuah kegiatan pengartian yang berarti terhadap bahasa tulis (membaca) yang ditunjukan pada keinginan, kecenderungan untuk memperhatikan kegiatan tersebut tanpa ada yang menyuruh atau dengan kesadaran sendiri. Rendahnya minat baca pada siswa bisa jadi disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat membaca pada siswa kelas III SDN 4 Dano, untuk mengetahui sebuah pemanfaatan sudut baca pada siswa kelas III SDN 4 Dano, untuk mengetahui pengaruh sudut baca terhadap minat baca siswa kelas III SDN 4 Dano. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data nya meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian ini sebanyak 53 siswa kelas III SDN 4 Dano. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kondisi minat baca pada siswa kelas III SDN 4 Dano memiliki pengaruh baik yang mana siklus minat membaca siswa meningkat dan siswa memiliki semangat untuk membaca dan mengunjungi sudut baca serta siswa bebas memilih buku apa yang ingin mereka baca. Hal ini terbukti oleh hasil jawaban kuesioner yang diisi oleh siswa kelas III SDN 4 Dano.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca
Khusus untuk abstrak diharuskan mengandung unsur-unsur: tujuan, metodologi, hasil/ temuan penting, dan kesimpulan; apabila memungkinkan dapat ditambahkan narasi/ informasi mengenai: batasan penelitian, implikasi praktis, dan implikasi sosial. Umumnya penyajian abstrak tidak melebihi 200 kata. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Kata kunci: artikel ilmiah; sistematika; sitasi (kata kunci ditulis alfabetis, terdiri dari 3-5 kata atau frasa yang penting)
 
                                                 
							


