https://qatestingonlinetraining.com/ https://baseballglory.com/ slot thailand https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/foxv/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/dev/system/web/ https://sikelapanpkmpayung.bangkaselatankab.go.id/pasarbaris/ https://setda.malukuprov.go.id/wp-content/plugins/web/ https://bkpsdmd.bangkaselatankab.go.id/sistem/ https://pasarbaris.stpkat.ac.id/ https://greenlifedesigns.org/ https://heylink.me/olx234/ http://setuwetan.desa.cirebonkab.go.id/ https://sip.bundamulia.ac.id/qr/ https://inbistekuis.com/ https://bencana-kesehatan.net/ https://sip.bundamulia.ac.id/e_receipt/
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Tematik | sabila | Jurnal PGMI UNIGA

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Tematik

sansan sabila, ani siti anisah, sopa siti marwah

Sari


Abstrak Penelitian ini di latar belakangi bagi siswa yang siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak mengembangkan kapasitas kritisnya dalam pembelajaran sesuai topik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas 5 SDN Padamukti 2 Kec. Sukaresmi Kab. Garut Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N Padamukti 2 Kec. Sukaresmi Kab. Garut dengan 32 siswa. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan dampak terhadap berpikir kritis siswa, hal ini terlihat dari nilai signifikansi (sig.2) yang diperoleh dari hasil analisis uji t (independent t-test). 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penerapan model pembelajaran berbasis masalah akan mempengaruhi berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis mata pelajaran di kelas 5 SDN Padamukti 2 Kec. Sukaremi Kab. garut Dari hasil analisis data jika memperhatikan model pembelajaran berbasis masalah diperoleh rata-rata (nilai mean). 70,62, diperoleh. Dengan demikian, rata-rata nilai siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis siswa

Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


Anam, C. (2021, January). Deskripsi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) (Vol. 5, No. 1, pp. 35-39).

Nugraha, A. J., Suyitno, H., dan Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Firdaus, A., Nisa, L. C., dan Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68-77.

Pamungkas, T. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Bogor: Guepedia

Raharjo,S.(2014).SPSS Indonesia. Diambil kembali dari https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas product momen- spss.html

Rahmatia, F., dan Fitria, Y. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2685-2692.

Retnowati, D., Sujadi, I dan Subanti, S. 2016. Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Farmasi SMK Citra Medika Sragen dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 105-116


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Pendidikan Islam & Keguruan Universitas Garut
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : -

Pengunjung:

View My Stats