Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan beripikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada kelas 5 SDN kersamenak 1 Garut. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan sampel dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas 5. Sampel dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas 5 dengan teknik pengambilan data yang digunakan pretest-posttest, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Untuk melihat peningkatan kemapuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA hal ini dilihat dari Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada kelas V di SDN Kersamenak 1 Pada hasil pretest mendapatkan nilai rata-rata 49,1 sedangkan nilai rata-rata hasil posttest yaitu 84,8 sehingga dapat disimpulkan dari hasil perbandingan pretest dan posttest terdapat peningkatan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat juga hasil uji N-Gain yang mununjukan angka 0,71 yang artinya bernilai Tinggi. Kata kunci: Pembelajaran PjBL, kemampuan berpikir kritis, Peserta didikReferensi
Aureola Dywan, A., Septian Airlanda, G., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Dan Tidak Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik (Vol. 4, Issue 2). Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu
Fahrezi, I., Taufiq, M., & Guru Sekolah Dasar, P. (2020).
Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 3(3). Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V3i3
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020).
Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Fondatia
Pratiwi & Setyanigtyas, 2020. (2020). Eka Titik Pratiwi1, Eunice Widyanti Setyaningtyas2 (Vol. 4, Issue 2). Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu
Putriyanti, N. D., Sumiati, T., & Pratomo, S. (N.D.). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI Di Purwakarta 2021 Tersedia Daring Pada: Http://Proceedings.Upi.Edu/Index.Php/Semnaspgsdpwk Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pembelajaran IPA. Http://Proceedings.Upi.Edu/Index.Php/Semnaspgsdpwk
Ramadhani, S. P., MS, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1047
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Rnd (Kedua, Vols. 978-602-289-533–6). ALFABETA.
Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sdn Margorejo VI Surabaya Melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. Https://Doi.Org/10.34289/285232
Susilo Dan Ramdiati. (2019). Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.