UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN ROLL DEPAN MELALUI VARIASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SUKARAJA
DOI:
https://doi.org/10.52434/penjas.v4i1.41741Kata Kunci:
Keterampilan Gerakan Variasi Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerakan roll depan melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 2 Sukaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dirancang untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran gerakan roll depan. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IV, yang menjadi fokus dalam upaya meningkatkan kemampuan mereka.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian rubrik kerja roll depan, yang dirancang untuk mengukur tingkat keterampilan siswa secara objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung nilai persentase ketuntasan klasikal untuk menentukan seberapa banyak siswa yang mencapai standar keterampilan yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan variasi pembelajaran yang dilakukan dalam siklus I berhasil meningkatkan keterampilan roll depan siswa. Nilai rata-rata keterampilan siswa mencapai 82,64, yang masuk dalam kategori kompeten. Selain itu, persentase ketuntasan klasikal mencapai 89%, mengindikasikan bahwa mayoritas siswa berhasil mencapai kriteria keberhasilan yang ditargetkan. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa variasi dalam metode pembelajaran dapat efektif dalam meningkatkan keterampilan fisik siswa, khususnya dalam gerakan roll depan. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam olahraga, serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan jasmani di sekolah.Referensi
Agusta, Hendra. 2009. Pola Gerak Dalam Senam 2. Jakarta: CV. Ipa Abong.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Adang Suherman & Nur Indri Rahayu (2015), Metode Penelitian Ilmu Keolahragaan Upi: Program Studi Ilmu Keolahragaan.
Arikunto, Suharsimi 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Husdarta, JS. 2014. Belajar dan Pembelajara Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
John dan Traetta Jean Mary. 2008. Dasar-Dasar Senam. Bandung: Angkasa Bandung.
Asnaldi, A., Fik-Unp, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 3(2), 16. Https://Doi.Org/10.24036/Jm.V3i2.75.
KTSP. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yudhistira.
Kusuma. Iwan Arya. 2016. Peningkatan Kemampuan Senam Guling Depan Dengan Pembelajaran Bervariasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Krebet Semarang Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Volume 16, Nomor 2.
Permatasari. Dkk. 2012. Pembelajaran Roll Depan Menggunakan Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 1 (2) (2012).
Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Stastik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suhardjono. 2003. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No 3 Pasal 21 Tahun 2005 Tantang Sistem Keolahragaan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 37
Wahyudi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Kaki Tekuk Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015, 380 - 386.