IMPLEMENTASI PENDEKATAN TAKTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK HALUS
DOI:
https://doi.org/10.52434/penjas.v3i2.41583Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak motorik halus siswa kelas V SDN 3 Karangpawitan, Kabupaten Garut melalui implementasi pendekatan taktis dalam pembelajaran olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan populasi dan sampel sebanyak 32 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran adalah Ruler Drop Test, Standing Broad Jump, dan Lari Cepat 50 Meter. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik halus siswa setelah menerapkan pendekatan taktis. Hasil prasiklus menunjukkan nilai yang rendah, tetapi terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan motorik halus siswa laki-laki meningkat menjadi 82.083, sementara siswa perempuan mencapai nilai rata-rata sebesar 72.5. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran taktis efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak motorik halus siswa kelas V SDN 3 Karangpawitan, Kabupaten Garut.Referensi
Mahendra, A.(2015). Model Pendidikan Gerak. Bandung: Prodi PGSD Penjas FPOK UPI. hlm. 67-75
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Dan R&D. bandung: alfabeta.
Sugiyono (2018a) Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Dan R&D. bandung: alfabet
Sugiyono (2018b) ‘Teknik Analisis Kualtitatif’, Teknik Analisis, pp. 1–7.
Suharsimi, A. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. bandung: Rineka CIPTA.
Unduhan
Diterbitkan
2024-08-19
Terbitan
Bagian
Artikel