IMPLEMENTASI PENDEKATAN TAKTIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK HALUS

Fahmi Rizki Ramadhan, Azhar Ramadhana Sonjaya, Irwan Hermawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak motorik halus siswa kelas V SDN 3 Karangpawitan, Kabupaten Garut melalui implementasi pendekatan taktis dalam pembelajaran olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan populasi dan sampel sebanyak 32 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran adalah Ruler Drop Test, Standing Broad Jump, dan Lari Cepat 50 Meter. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik halus siswa setelah menerapkan pendekatan taktis. Hasil prasiklus menunjukkan nilai yang rendah, tetapi terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan motorik halus siswa laki-laki meningkat menjadi 82.083, sementara siswa perempuan mencapai nilai rata-rata sebesar 72.5. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran taktis efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak motorik halus siswa kelas V SDN 3 Karangpawitan, Kabupaten Garut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mahendra, A.(2015). Model Pendidikan Gerak. Bandung: Prodi PGSD Penjas FPOK UPI. hlm. 67-75

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Dan R&D. bandung: alfabeta.

Sugiyono (2018a) Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Dan R&D. bandung: alfabet

Sugiyono (2018b) ‘Teknik Analisis Kualtitatif’, Teknik Analisis, pp. 1–7.

Suharsimi, A. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. bandung: Rineka CIPTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/penjas.v3i2.41583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT 

 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151 (0262) 236395 Journal.hjse@uniga.ac.id

 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

    

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.