Dampak Melempar Dan Menangkap Bola Kasti Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa.

Nining Sugiharti, Ahmad Yani

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh melempar dan menangkap bola terhadap kebugaran jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto dengan memberikan tes Kesegaran Jasmani. Populasi penelitian ini adalah Kelas V SD Negeri Harjayani yang berjumlah 50 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa Kelas V SD Harjatani. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu seluruh siswa SD Harjatani yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Basic Causal Comparative Design. Instrumen ini berupa tes kebugaran jasmani/TKJI. Penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1.Siswa yang melempar dan menangkap bola bulat berdampak terhadap kebugaran jasmani. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan uji yang menunjukkan hasil signifikan pada taraf nyata 0,05 yaitu = = 15,245 > 1,242. 2. Siswa yang melempar dan menangkap bola bulat mempunyai kebugaran jasmani lebih baik dibandingkan siswa yang tidak melempar dan menangkap bola bulat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan tes yang menunjukkan hasil signifikan pada taraf nyata 0,05 yaitu = = 10,245 > 1.341. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang melempar dan menangkap bola bulat mempunyai kebugaran jasmani lebih baik dibandingkan siswa yang tidak melempar dan menangkap bola dengan sempurna terhadap kebugaran jasmani siswa kelas V SDN Harjatani Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan korelasi P <0,05

Kata Kunci


Impact, TKJI, Physical Fitness

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irianto D. P . (2004). Panduan Latihan Kebugaran (Yang Efektif dan Aman). Yogyakarta: Lukman Offset.

Dandi Galang Pambayun (2015) Tingkat Keterampilan Bermain Kasti Siswa Putra Kelas Iv Dan V Sekolah Dasar Negeri Kraton Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta, Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Puspitawati, I. D., & Jaenudin, M. A. (2020). Pengaruh Permainan Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2), 50-57.

Maksum, Ali. (2018) . “Metodologi Penelitian Dalam Olahraga (Edisi Kedua).”Surabaya : Unesa Press

Riyanto, P. (2017). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Umum (General Motor Ability). JOURNAL SPORT AREA. https://doi.org/10.25299/sportarea.20 17.vol2(1).593

Sarmidi, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Tangkap Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Pasang Surut Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v 16i2.4246

Setiawan, B., Hanani, E. S., & Putra, R. B. A. (2012). Pengembangan Model Permainan Bola Voli” Kasvol”(Kasti Voli) Dalam Pembelajaran Penjasorkes Active Journal Of Phyical Education, Sport, Health and Recreation, 1(5) 236-238

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukardi. (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta:Bumi Aksara

Supardi dan Suroyo. (2010). BSE : Penjasorkes untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional. Yani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 10-15.

Yani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 10-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/hjse.v3i1.3370

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT 

 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151 (0262) 236395 Journal.hjse@uniga.ac.id

 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

    

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.