MODIFIKASI PERMAINAN LARI DAN LOMPAT PADA GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DI SDN 4 JANGKURANG
DOI:
https://doi.org/10.52434/hjse.v2i2.2862Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan bermain lopat kardus, dua bilah kayu dan ban bekas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Jangkurang dengan jumlah total 25 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lompat jauh gaya jongkok melalui permaianan melompati kardus, lompat garis dengan dua bilah kayu dan ban bekas pada siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa pada saat prasiklus dengan ketuntasan sebesar 36% . Kondisi tersebut bisa mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu dengan persentase ketuntasan sebesar 60%. Kemudian terjadi peningkatan lagi dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu dengan persentase keberhasilan 84%. Hal tersebut bisa menunjukan bahwa target yang telah ditentukan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian di hentikan pada siklus ke II, proses pembelajaran lompat jauh menggunakan metode bermain berlangsung dengan baik dan menyenangkan.Referensi
Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 1991, 36. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf
Aditya, R., Helmi, B., & Usman, K. (2019). Pengembangan Peralatan Modifikasi Atletik Pada Pembelajaran PJOK tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna Medan, 7(1), 1–7. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JSBG/article/view/162/153
Bangun, M. W. A. (2018). Pemanfaatan Hasil Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Slb-Ypac Cabang Medan. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 97. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9553
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.
Djawa, B., Jasmani, S. P., Rekreasi, K., & Keolahragaan, F. I. (2017). Penerapan Permainan Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya JongkoK. 445–450.
Hendriadi, I. G. O. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 68. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878
Laely, T. A. dan W. A. (2019). Pengembangan Keterampilan Berbahasa Lisan Anak Tunarungu Melalui Terapi Bermain di TK Masyitoh Talang Tegal. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4, 319–326.
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 979. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12645
Prasetyo, K. (2016). Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Koko Prasetyo Program Studi PGSD , FKIP , Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 6, 196–205.
Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf
Putra, R. I., & Riau, U. I. (2021). Journal athletics and sport nutrition. 1(1), 23–29.