PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DI SMK BINA PUTRA NUGRAHA KADUPANDAK

Penulis

  • Andi Kurniawan Pratama Universitas Suryakancana - UNSUR
  • Asep Ramdan Afriyuandi Universitas Suryakancana - UNSUR
  • Yuda Yudistira Universitas Suryakancana - UNSUR

DOI:

https://doi.org/10.52434/hjse.v2i2.2712

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan sistem dan paradigma pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli, teknik penarikan sampelnya menggunakan Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sebanyak 30 orang untuk kelompok daring dan 30 orang untuk kelompok luring. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli. Teknik analisis datanya menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran luring memiliki pengaruh yang lebih besar daripada pembelajaran daring terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-01