Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran Renang Gaya Bebas Dalam Matakuliah Keterampilan Aquatic 1

Sony - hasmarita, Sony hasmarita

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  menerapkan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada matakuliah keterampilan aquatic 1 yang dapat meningkatkan  keterampilan renang gaya bebas dan pembentukan nilai tahapan gerak dalam  renang gaya bebas dan apakah metode PBL dapat membentuk pemahaman nilai tahapan belajar gerak setelah dilakukan tindakan. Teknik pengumpulan  data menggunakan performance skill test untuk data kuantitatif peningkatan hasil belajar atau hasil keterampilan gerak dan menggunakan observasi, catatan  lapangan, dokumentasi untuk data kualitatif pembentukan tahapan belajar  gerak. Metode Penelitian ini menggunakan  metode eksperimen. Populasi mahaiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi Angkatan 2022 yang berjumlah 630 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Cluster Random Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan mendapat skor 81-100 setelah tes akhir mengalami kenaikan dari 10 mahasiswa (12%) menjadi 20 mahasiswa (24%), skor 61-80 mengalami kenaikan yaitu 25 mahasiswa  (30%) menjadi 28 mahasiswa (34%), skor 41-60 jumlahnya tetap, skor 21-40 mengalami  penurunan dari 18 mahasiswa (22%) menjadi 12 mahasiswa (15%), skor 0-20  mengalami  penurunan dari 9 mahasiswa (11%) menjadi 2 mahasiswa (2 %), melalui penerapan  metode PBL dapat meningkatkan hasil keterampilan gerak dan dapat membentuk tahapan belajar gerak.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/hjse.v2i2.2624

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT 

 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151 (0262) 236395 Journal.hjse@uniga.ac.id

 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

    

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.