METODE PENDEKATAN TAKTIS TERHADAP KETEPATAN SHOOTING KAKI BAGIAN DALAM PADA CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA

Yang Dzihni Syakhisk, Fegie Rizkia Mulyana, Novi Soraya

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan menggunakan metode pendekatan taktis terhadap ketepatan shooting kaki bagian dalam pada cabang olahraga sepakbola di SSB Hippo U-18 Sukarame. Metode penelitian ini berjenis metode kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet SSB Hippo U-18 Sukarame sebanyak 20 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan uji statistic, ternyata hasilnya menunjuk bahwa latihan menggunakan metode pendekatan taktis terdapat pengaruh yang besar terhadap ketepatan shooting kaki bagian dalam pada SSB Hippo U-18 Sukarame. Berdasarkan hasil perhitungan thitung = 8.670 dan ttabel = (0,05;19) = 1,729. Dengan demikian thitung > ttabel dan berada di daerah penolakan H0, sehingga hipotesis diterima

Teks Lengkap:

(Download) PDF

Referensi


Efendi, W Afrian., (2015). Perbandingan Efektivitas Antara Shooting 11 Meter Menggunakan Kaki Bagian Dalam dan Dengan Menggunakan Punggung Kaki Terhadap Hasil Shooting Dalam Permainan Sepakbola Pada Peserta Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Indrajati, B., Darmawan, G. (2018). Penerapan Pendekatan Taktis Untuk Meningkatkan Keterampilan Shooting Dalam Sepak Bola.

Ishlahuddin, M., Ahmadi, D., (2021). Perbandingan Latihan Shooting Menggunakan Kaki Bagian Dalam dan Punggung Kaki Penuh Terhadap Ketepatan Shooting Ke Gawang Pada Pemain SSB Bermuda Batam U-16 Putra Tahun 2021. Jurnal Bola Bersama Olahraga Laju Asia, 4 (1), 48-57.

Kesehatan Jasmani, J., Rekreasi Volume, K., Fahmi, A., Suhdy, M., Remora, H., & Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Pgri Lubuklinggau, S. (N.D.). E-Sport: Pengaruh Metode Circuit Training Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Klub Sepakbola.

Kriswanto, Ebit., (2017). Perbedaan Akurasi Shooting Antara Punggung Kaki Bagian Dalam dan Punggung Kaki Penuh Pada Pemain SSB Margolangu FC Jogorogo Kabupaten Ngawi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mudzakir, D., Kharisma, Y. (2018). Penerapan Pendekatan Taktis Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Dasar Menghentikan Bola Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2).

Maryatun, T. (2015). Keterampilan Shooting Dalam Permainan Sepakbola Siswa Kelas IV dan V SD Muhammadiyah Kragan Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri Pengaruh Latihan Variasi Shooting Terhadap Ketepatan Shooting Sepakbola Pada SSB Persada Desa Dusun Dalam Kabupaten Kerinci Oyim Sepra Deplika, M., Studi Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, P., Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi, U., Kunci, K., & Variasi Shooting Terhadap Ketepatan Shooting Sepakbola, L. (n.d.). The Influence of Shooting Variation Training on the Accuracy of Football Shooting on SSB Persada Village Dusun in Kerinci Regency. In JURNAL SCORE (Vol. 1, Issue 1). https://www.online-journal.unja.ac.id/score

Ridwan, A., Juhanis. (2020). The Effect of Running Practice Method on Football Shooting Skills of Sport Science Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 481

Rokhayati, A., Nur, L., Elan, Gandana, G. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2).

Saptiyanto, D Irfan., (2015). Pengaruh Latihan Tendangan Menggunakan Kaki Dalam dan Punggung Kaki Penuh Terhadap Ketepatan Shooting Ke Gawang (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U-16Tahun 2015). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sumarsono, A. (n.d.). Pengaruh Metode Latihan Agility Hurdle Drill Dan Agility Leader Terhadap Koordinasi Kaki Anggota Ukm Futsal Universitas Musamus Merauke.

Tampaty Sinaga, R. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Passing Melalui Variasi Latihan Berbalik Dan Mengoper Bola Pada Atlet Sepak Bola Usia 13-15 Tahun Di Ssb Sinar Pagi. In Jurnal Ilmu Keolahragaan (Vol. 14, Issue 1).

Yufi Ardiansyah, A., Cahyo Kartiko S-, D., Jasmani, P., Rekreasi, Dan, & Ilmu Olahraga, F. (N.D.). Pengaruh Circuit Training Pada Hasil Tendangan Shooting Dalam Sepakbola Pengaruh Circuit Training Pada Hasil Tendangan Shooting Dalam Sepakbola (Studi Pada Sma Negeri 3 Lamongan). Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/hjse.v2i1.2365

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan

UNIVERSITAS GARUT 

 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151 (0262) 236395 Journal.hjse@uniga.ac.id

 

Visitor:

View My Stats

Indexing:

    

Suppported:

Tools:

      

Copyright © journal.uniga.ac.id 2022  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.