EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DAN PENDEKATAN TEKNIK TERHADAP MOTOR ABILITY BAGI SISWA SMAN OLAHRAGA RIAU
DOI:
https://doi.org/10.52434/hjse.v1i1.1457Abstrak
Pembelajaran sepakbola memiliki kompleksitas gerakan yang sangat menuntut keterampilan (Sartono et al., 2020). Keterampilan yang diajarkan penekanannya bukan hanya keterampilan bermain semata, namun lebih kepada aplikasi permainan yang sebenarnya dalam sepakbola di lapangan. Pengaruh dari guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani pun sangat memiliki peranan dalam keberhasilan pembelajaran sepakbola (Effendi & Rhamadhansyah, 2017). Hal ini juga harus memberikan perubahan pada semua komponen yang ada pada struktur gerak sepakbola. Selain itu, kata kunci dari pembelajaran sepakbola memiliki tiga aspek penting dalam pembelajaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor (Nururi & Sulaiman, 2015; Taufik & Gaos, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motor ability siswa SMAN Olahraga Riau pada pembelajaran sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain lebih baik dibandingkan dengan pendekatan teknik. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dinilai lebih efektif dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran sepakbola di sekolahReferensi
Aprianova, F., & Hariadi, I. (2017). Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar menggiring bola (dribbling) dalam permainan sepakbola pada siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro usia 13-15 tahun. Indonesia Performance Journal, 1(1).
Candra, A. (2016). Pengaruh Latihan Menendang Menggunakan Imageri terhadap Akurasi Tendangan ke Gawang. Journal Sport Area, 1(1), 1-10.
Effendi, A. R., & Rhamadhansyah, F. (2017). Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 6(1), 54-64.
Fernando, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Teknis Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 1044-1049.
Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56-62.
Hadiana, O., & Sartono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 93-103.
Hands, B., McIntyre, F., & Parker, H. (2018). The general motor ability hypothesis: an old idea revisited. Perceptual and motor skills, 125(2), 213-233.
Hasanuddin, M. I., & Hasruddin, H. (2018). Kontribusi Antara Kecepatan, Kelincahan dan Koordinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Mts Negeri 1 Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1).
Maristawan, G. D., Budhiarta, I. M. D., & Adnyana Putra, S. K. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2).
Naldi, I. Y., & IRawan, R. (2020). Kontribusi Kemampuan Motorik Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Pada Atlet Ssb (Sekolah Sepakbola) Balai Baru Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 6-11.
Nurfajrin, Y. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2).
Nururi, A. N., & Sulaiman, S. (2015). Permainan Sepak Bola (Dora) Dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas VI SD Negeri Palebon 02 Kec. Pedurungan Kota Semarang Tahun 2013. Active: Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation, 4(7).
Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal (PAJU), 1(1), 27-35.
Ridwan, M., Darmawan, G., & Indiarsa, N. (2017). Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Passing Pada Permainan Sepakbola Melalui Pendekatan Taktis. BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan), 5(1).
Sartono, S., Suryaman, O., Hadiana, O., & Ramadan, G. (2020). Hipnoterapi untuk kecemasan: sebuah uji coba pada pemain sepakbola. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 216-225.
Setiawahyu, M. I. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 181-192.
Suhdy, M. (2019). Studi tentang Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 102-107.
Taufik, M. S., & Gaos, M. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43-54.
Yanuar, I. (2010). Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Books
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Lutan, R. (1988). Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Nurhasan, & Cholil, H. (2007). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung: FPOK UPI.