PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN INTERNET DI SMPN 2 LEUWIGOONG

Authors

  • Fazrul Rahman Firdaus Universitas Garut
  • Muhammad Hanif Abdullah Rabbbani Universitas Garut
  • Nisrina Sumia Hidayanti Universitas Garut
  • Salwa Sulaimah Nurhakim Universitas Garut
  • Susi Nurtari Universitas Garut
  • Meilia Suherman Universitas Garut

Keywords:

Generasi Z, literasi digital, internet.

Abstract

Penggunaan internet telah merambah ke seluruh penduduk negeri. Keberadaan internet menjadi dianggap sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali bagi remaja. Desa Tambaksari merupakan salah satu desa di Kecamatan Leuwigoong. Di desa ini terdapat beberapa sekolah salah satunya SMPN 2 Leuwigoong. Siswasiswi sekolah menengah merupakan bagian dari generasi z yang merupakan salah satu kelompok terbanyak dalam penggunaan internet. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa seminar literasi digital dilakukan untuk mengedukasi remaja siswa-siswi sekolah menengah agar cakap dalam pemanfaatan internet. Keberhasilan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilihat dari ketercapaian target jumlah peserta, ketercapaian tujuan dan ketercapaian target materi. Peserta yang hadir sebanyak 52 orang siswa menengah pertama. Selain itu keberhasilan penyampaian materi dapat dilihat dari peningkatan hasil pretest dan posttest yang menunjukkan pengetahuan dari peserta seminar menjadi bertambah.

References

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (n.d.). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa.

Pelajaran, M., Kelas, I. P. A., Di, V., Negeri, S. M. P., Wyn, N., Ananda, M., Jampel, N., & Suartama, I. K. (2014). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan. 1.

Rastati, R. (2018). MEDIA LITERASI BAGI DIGITAL NATIVES : PERSPEKTIF GENERASI Z DI JAKARTA Media Literacy for Digital Natives : Perspective on Generation Z in. 06(01), 60–73.

Rodhin, R. (n.d.). INTERNET DALAM KONTEKS. 1–19.

Sladek, B. S., & Grabinger, A. (n.d.). The first generation of the 21st Century has arrived!

Published

2024-07-26