Analisis Efektivitas Praktikum Cookbook Laboratorium dan Inquiry Laboratory dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v4i2.3824Abstrak
Praktikum merupakan komponen esensial dalam pembelajaran sains, terutama untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dua model praktikum laboratorium, yaitu cookbook dan inquiry, dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Pendekatan studi literatur digunakan dalam penelitian ini, dengan menganalisis 11 jurnal dan 3 buku teks terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktikum cookbook lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis (n-gain = 0.72) dan pemecahan masalah (n-gain = 0.68) berkat pendekatan terstruktur yang sistematis. Sebaliknya, praktikum inquiry unggul dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi (n-gain = 0.78) dan komunikasi (n-gain = 0.76) karena melibatkan eksplorasi mandiri dan kerja sama tim. Kombinasi kedua model praktikum menghasilkan peningkatan yang lebih holistik, dengan rata-rata n-gain sebesar 0.65 untuk semua keterampilan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan kombinasi model cookbook dan inquiry untuk mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21 secara optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran sains yang relevan dengan tuntutan global.
Referensi
Agustini, R. P., & Irvani, A. I. (2023). Analisis Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 215–222.
Barus, C. S. A. (2023). PENGANTAR KARAKTERISTIK PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK ABAD-21. In KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK ABAD (Vol. 21).
Burfeind, D., & Devine, C. (2020). Kitchen Lab: Taking the cookbook out of undergraduate laboratory experiences.
Chan, M. I. H., Septia, E. A., Febrianti, K., & Desnita, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sma: Meta-Analisis. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 238–245.
Daniah, D. (2020). Pentingnya inkuiri ilmiah pada praktikum dalam pembelajaran IPA untuk peningkatan literasi sains mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Dunnett, K., Kristiansson, M. K., Eklund, G., Öström, H., Rydh, A., & Hellberg, F. (2020). Transforming physics laboratory work from’cookbook’type to genuine inquiry. arXiv preprint arXiv:2004.12831.
Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2).
Hudha, M. N., Wahyuningtyas, A., Nurilyasari, D. F., Prastiyan, R., & Ayu, H. D. (2023). Inkuiri dalam pendidikan fisika: sistematika literatur review. Kappa Journal, 7(2), 217–227.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.
Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). Hubungan keterampilan komunikasi abad 21 dan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1–10.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81–91.
Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking, digital competence and 21st century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1–17.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.
Rahayu, N. S., Lestari, P. R., Ady, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana Kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–84.
Rawzis, K., Irvani, A. I., Elviana, T., Abe, Y., & Chatimah, H. (2024). A Decade of Bibliometrics Exploration on Wind Tunnel as Learning Media in Fluid Mechanics. Tarbiyah Suska Conference Series, 3(1), 86–103.
Sulastri, H. P., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 97–111.
Syamsa, N. H. K. (2022). Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Konsep Gaya untuk Siswa Kelas IV SDIT Al Fityah Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Ulfa, S., Irvani, A. I., & Warliani, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Fisika Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 7(1), 51–59.
Wati, W. W., & Syafriani, S. (2023). Validity of physics e-modules based on an inquiry model integrated with the science, environment, technology, and society approach to 21st century skills. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 7(2), 133–144.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sela Putri Widayana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.