Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2811Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Peserta Didik, PerilakuAbstrak
Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu strategi dalam proses belajar mengajar yang bertujuan dapat memenuhi kebutuhan proses belajar yang beragam dari setiap peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review). Tinjauan pustaka dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, yaitu dari tahun 2018 hingga 2022. Tujuan dari kajian pusta ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran diferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Pencarian literatur difokuskan pada kata kunci "Pembelajaran berdiferensiasi" melalui Google Scholar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyediakan media dan sumber belajar yang disesuaikan dengan tipe dan gaya belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka, strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menjaga semangat belajar dari peserta didik yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Peserta didik diberikan kegiatan pembelajaran beragam yang sama dengan yang mereka perlukan. Dengan menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pemahaman mereka pada keterampilan yang dimiliki akan meningkat dan bermanfaat di masa depan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki karakteristik yang mencakup mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar mereka.
Referensi
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP NEGERI 23 Pekan Baru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133-1141.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Implemntasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matemtaika Sd. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Bendriyanti,R.P. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 70-74.
Fitra, Devi Kurnia. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya di Kelas VII SMP. UNJUK AJAR; JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 278-290.
Herwina, W.(2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Irvani, A. I., Ainissyifa, H., & Anwar, A. K. (2023). In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka Di Komite Pembelajaran Sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 160-166.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX A SMP Negeri 1 Sape Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). 1(2), 123-140.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktiviitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. JULAK (Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik), 1(1), 89-100.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Bberdiferensiasi dalam Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 8 Barabai. JULAK : Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan, 1(2807-5536), 89-100.
Laia, I.S.A., Sitorus;, Surbakti;, M., Eka, Simanullang;, N., Tumanggor;, iosally M., & Silaban;, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314-321
Marlina. (2019).Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIB UNP.
Pane, R. N., Lumbantoruan;, S., & Simanjutak;, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikur Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173-180.
Puspita, V., Rui’fi, Adi Wuljoyjo, D,. (2022). Pengembanngan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemamppuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4).
Shihab, N. (2017). Diferensiasi: Memahami Pelajar Untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Tanggerang : Literasi.
Surwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dankeberlangsungan Kehidupan di Kelas IXB Semester Genap SMP Negeri 4 Monta Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JIPPI), 1(2), 80-94.
Syarifuddin;, & Nurmi; (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMPN 1 Wera Tahun Ajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(3), 93-102.
Haryati. A (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ipa Rangkaian Listrik Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Universitas Garut (JPIF UNIGA), 2(1), 83-90,