Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731Kata Kunci:
Augmented Reality (AR), Media Pembela-jaran, Model POE2WE, Teori Kinet-ik Gas, Teknologi.Abstrak
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Media pembelajaran AR dapat membantu peserta didik memvisualisasikan konsep-konsep pembelajaran yang bersifat abstrak, salah satunya pada materi teori kinetik gas. Dalam memahami teori kinetik gas yang bersifat abstrak, maka diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat dikembangkan yaitu Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dan penjelasan yang dipaparkan pada tulisan ini berdasarkan pada hasil analisis studi literatur yang relevan dengan topik yang dibahas. Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE pada Materi Teori Kinetik Gas dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Karena dalam media AR dapat memvisualisasikan konsep abstrak pada materi teori kinetik gas sehingga peserta didik akan memahami materi tersebut dengan mudah. Berdasarkan uraian tersebut, artikel ini disusun untuk menguraikan hasil analisis mengenai Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik GasReferensi
Afifah, S. N., Liliawati, W., & Purwana, U. (2020). Kelayakan Konten dan Tampilan Bahan Ajar Augmented Reality pada Materi Teori Kinetik Gas. 5(1), 130–134.
Agustina, M., Yushardi, & Lesmono, A. D. (2018). Analisis Penguasaan Konsep-Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis Hots Pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 334–340.
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/24245/pdf
Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., & Smirnov, A. (2010). Multimedia services on top of M3 smart spaces. Proceedings - 2010 IEEE Region 8 International Conference on Computational Technologies in Electrical and Electronics Engineering, SIBIRCON-2010, 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Endah Wulansari, O. D., Zaini, T., & Bahri, B. (2013). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika Darmajaya, 13(2), 169–179.
Maryam Ramadani, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Ispring Suite 9 dengan Model POE2WE pada Materi Teori Kinetik Gas. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(3), 79–86. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16803
Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra). Pseudocode, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.81-89
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267
Nana. (2018). Implementasi Model POE2WE dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Gerak Lurus di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2018, 15–28. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12477
Nana, N., & Surahman, E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 82. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35915
Rifqa Gusmida, M. Rahmad, N. I. (2016). Development of physics learning media using augmented reality in gas kinetic theory for senior high school grade XI. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3, 1–12.
Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamludin, U. A. (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Scientific Writing of the Bandung State Islamic University 2020, 1–10. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30490/1/Rusdiana_PenerapanModelPOE2WEset.pdf
Susanti, E. R. M. yanti S. M. (2019). Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0. Difraction, 01 No 01, 48–52. Retrieved from jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/810%0D