Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan

Penulis

  • Widi Nugraha Ady Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
  • Resti Warliani

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fisika di salah satu sekolah swasta di Garut. Subjek pada penelitian ini adalah siswa jurusan MIPA kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan kesulitan belajar yang dialami oleh siwa disebabkan oleh factor intern yaitu aspek intelegensi dan juga motivasi pada diri siswa yang mengasumsikan bahwa pembelajaran fisika itu sulit.

Biografi Penulis

Widi Nugraha Ady, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

Mahasiswa semester 5 di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Referensi

Arifin,Zainal.2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101

Dayati, F. B., Susanna, S., & Elisa, E. (2021). Kesulitan Belajar Mata Kuliah Matematika Fisika I Melalui Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 865-870.

Daun, N. S., Helmi, H., & Haris, A. (2020, May). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu. In Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas Negeri Makassar (Vol. 2, pp. 37-40).

Defriyanto, D., & Dermawan, O. (2018). Prevalensi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), 45-58.

Elwan, A. A., & Alwan, S. M. A. (2013). The institutional factors affecting the achievement in physics in Tripoli, Libya. VFAST Transactions on Education and Social Sciences, 1(2).

Giancoli, D. C. (2001). Fisika edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Gupita, N. A. A., & Minsih, S. A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD Negeri Joglo No. 76 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Kota Semarang. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 6(1), 37-43.

Irvani, A. I. (2019). Korelasi Minat Terhadap Fisika dengan Hasil Belajar Siswa SMA pada Domain Pengetahuan Faktual dan Konseptual. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 115-120.

Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 5(1), 1-9.

Marisa, P. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada materi Tumbuhan kelas X di SMAN 1 Rambah Hilir Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 2(1).

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. (2021). Identifkasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(01), 23-27.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel