Persepsi Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1482Kata Kunci:
pandemi, pendidikan, laboratorium virtualAbstrak
Sampai saat ini Pandemi masih belum berakhir, upaya demi upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan juga semua lapisan masyarakat untuk bisa menghentikan rantai penyebaran Covid 19 ini. Selama hampir 2 tahun Covid 19 membesamai kita, tentunya banyak sekali dampak yang dirasakan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat terdampak dengan adanya Covid 19 ini. Kegiatan belajar mengajar seketika diberhentikan dan dialihkan Menjadi sistem belajar online. Tidak mudah untuk sebagian orang atau lembaga untuk menyesuaikan sistem pembelajaran dengan keadaan. Namun disamping itu teknologi berkembang dengan sangat pesat, masyarakat pun mulai beradaptasi dengan keadaan dan mulai mengembangkan, memanfaatkan teknologi yang ada. Dalam pembelajaran fisika contohnya, Metode pembelajaran saintifik dan juga prosedur kerja ilmiah yang seharusnya dilakukan secara langsung kini mulai dilakukan secara online juga. Laboratorium virtual menjadi salah satu alternatif untuk bisa melaksanakan praktikum sesuai dengan materi ajar yang diberikan. Banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat mengenai penggunaan Laboratorium Virtual ini, terlebih mereka yang masih kekurangan fasilitas dan proses akses internet yang kurang terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji respon komponen pendidikan seperti siswa dan guru dalam Penggunaan Laboratorium Virtual di sekolah. Sehingga memberikan gambaran nyata sebagai acuan untuk pemilihan solusi bagi lapisan masyarakat yang paling terdampak akibat pandemik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder, Dengan instrumen penyebaran angket online kepada siswa dan guru fisika di tingkat SMA sampai universitas, Dengan topik pertanyaan penggunaan laboratorium virtual. Data hasil survei digunakan sebagai acuan untuk mencari solusi dari permasalahan metode pembelajaran dan praktikum fisika di era Pandemi.Referensi
Napsawati, Napsawati. "Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid 19." Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya 3.1 (2020): 6-12.
Jamaluddin, Dindin, et al. "Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi." LP2M (2020).
Nova, Diyah Ayu Octa, Dwikoranto Dwikoranto, and Nurita Apridiana Lestari. "ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ECOPEDAGOGY DENGAN METODE DARING SELAMA PANDEMI COVID-19." ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7.1 (2021): 19-26.
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020, November). Laboratorium Virtual: Media Praktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 45-51).
PUTRI, A., Muslim, M., & Wiyono, K. (2018). PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MATERI GERAK PARABOLA UNTUK SMA/MA (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Kusumaningsih, Y. R., Iswahyudi, C., & Susanti, E. (2014, November). Pengembangan model laboratorium virtual sebagai solusi keterbatasan sumber daya pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta.
A. Asmuni (2020), “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,†J. Paedagogy, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i4.2941
Wikipedia, 2010, “Virtual laboratoryâ€, http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual-_Laboratory
Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020, November). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika).
Suryanda, A., Rusdi, R., & Kusumawati, D. (2017). Pengembangan Praktikum Virtual Urinalisis Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas XI. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1-8.