Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448Kata Kunci:
Efektivitas, PhET Simmulation, PhysicsAbstrak
Fisika dengan berbagai konsep yang masih sulit dipahami, memerlukan sebuah media pembelajaran yang mampu menjelaskan konsep tersebut dengan lebih mudah dan menarik. Keterbatasan media nyata menjadi kendala dalam melaksanakan pembelajaran virtual, sehingga guru membutuhkan media digital sebagai alternatif, salah satunya media simulasi PhET. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan penggunaan Simulasi PhET. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan media Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. 3) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan penggunaan Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Studi Kepustakaan. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PhET merupakan aplikasi web base learning dengan berbagai materi yang memiliki kemudahan penggunaan serta mampu menjelaskan konsep melalui animasi simulasi dan penggunaan simulasi PhET akan lebih baik jika dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. PhET memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya ialah, efektif digunakan untuk menjelaskan konsep fisika yang bersifat abstrak.
Referensi
Aprilia, R., Rustana, C. E., & Budi, E. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PHET DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN WEBINAR ZOOM TERHADAP PENINGKATAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA FISIKA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), IX, 177–182. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.26
Azizaturredha, M., Fatmawati, S., & Yuliani, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS. EduFisika, 4(01), 1–5. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6051
Ben Ouahi, M., Ait Hou, M., Hassouni, T., & Al Ibrahimi, E. M. (2020). Opinions of moroccan teachers towards the use of PhET simulations in teaching and learning physics - Chemistry. Colloquium in Information Science and Technology, CIST, 2020-June, 274–278. https://doi.org/10.1109/CiSt49399.2021.9357174
Bhakti, Y. B., Dwi, A. I. A., & Dasmo. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PhET SIMULATION BAGI GURU MGMP FISIKA KABUPATEN SERANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). Retrieved from http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.574
Dasmo, D., Budi Bhakti, Y., & Napis, N. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran Phet simulation dalam eksperimen fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.192
Eveline, E., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Effect of Scaffolding Approach Assisted by PhET Simulation on Students’ Conceptual Understanding and Students’ Learning Independence in Physics. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012036
Ghivarianto, R. D. (2020). Digitalisasi Pendidikan, Nadiem Makarim Bicara Teknologi Perkuat Guru. Retrieved October 20, 2020, from news.detik.com website: https://news.detik.com/berita/d-5000432/digitalisasi-pendidikan-nadiem-makarim-bicara-teknologi-perkuat-guru
Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.
Laila, S. I. (2020). Keefektifan penerapan laboratorium virtual (PhET) Berbasis STEM dan keterampilan penyelesaian masalah. SEMINAR NASIONALF ISIKA (SNF) 2020, 4. Retrieved from https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/140/136
Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminarnasionalfisika(Snf)2017, (November), 65–69.
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815
Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, 44(1), 18–23. https://doi.org/10.1119/1.2150754
Ramadhan, A., Hasyim, F., & Wibowo, H. A. C. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FISIKA BAB GAYA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET DAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA SMP KELAS 8 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 2527–5917. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15151
Santoso, H. (2009). PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/5203/1/130910508201004201.pdf
Sari, E., Khairani, D., Subchi, I., Durachman, Y., Rifai, A., & Rosyada, D. (2021). Application of PhET Simulation Media in Physics Learning During a Pandemic Covid-19. Proceedings of the 3rd International Colloquium on Interdisciplinary Islamic Studies, ICIIS 2020, 20-21 October 2020, Jakarta, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.20-10-2020.2305146
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.