Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menggunakan Perangkat Pembelajaran Daring

Authors

  • Tiara Nurhuda Universitas Insan Cendikia Mandiri
  • Asep Irvan Irvani Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1261

Keywords:

calon guru, perangkat pembelajaran, pembelajaran daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam menggunakan perangkat pembelajaran secara daring. Ada empat kemampuan yang diungkapkan, yaitu: 1) kemampuan membuat bahan ajar daring, 2) kemampuan menggunakan kelas virtual, 3) kemampuan menggunakan aplikasi video conference, dan 4) kemampuan membuat asesmen daring. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut semester empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon fisika memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan kelas virtual dan aplikasi video conference, memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membuat asesmen daring, namun kurang dalam kemampuan membuat bahan ajar daring.

References

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study using PLS-SEM Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6).

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Baalwi, M. A. (2020). KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI DITINJAU DARI KEMAMPUAN INFORMATION TECHNOLOGY (IT) GURU. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3(2), 38-45.

Irwandani, I. (2014). Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 3(1), 39-48.

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14-18.

Pingge, H. D. (2020). Mengajar dan belajar menjadi guru sekolah dasar. Penerbit Lakeisha.

Soleh, A. R., Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Kesesuaian Isi Bahan Ajar Daring dengan Kurikulum pada Laman Sumber. belajar. kemdikbud. go. id Sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Urecol Journal. Part A: Education and Training, 1(1), 20-27.

Sundaygara, C., Pratiwi, H. Y., & Hudha, M. N. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran fisika dengan pendekatan multi representasi untuk meningkatkan kemampuan pembuatan alat-alat praktikum calon guru fisika. Momentum: Physics Education Journal.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel