The Influence of Blended Learning Methods in Learning Physics: A Literature Review

Fina Husnawati, Ani Rakhmawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika. Metode untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah dengan metode studi literatur. Penelitian dilakukan dengan merangkum dan mereview beberapa artikel penelitian tentang metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika yang diterbitkan dalam 2 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran blended learning banyak memberi manfaat terutama pada pembelajaran fisika. Metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika memiliki kelebihan yaitu peserta didik mengalami perubahan dalam peningkatan hasil belajar, peningkatan jiwa sosial, peningkatan pemahaman pada konsep fisika, peningkatan kreatifitas dalam berpikir kreatif, dan keterampilan dalam pembelajaran, dengan metode blended learning ini juga membuat suasana dalam pembelajaran terasa tidak monoton. Disamping kelebihan yang ada, kekurangan dalam penerapan metode ini yaitu sulit diterapkannya blended learning pada pembelajaran fisika jika sarana dan prasarana tidak mendukung

Kata Kunci


literature review; blended learning; physics learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group ( WAG ) Miksan Ansori Sekolah Tinggi Ilmu Syari ’ ah Faqih Asy ’ ari Kediri

Ariani, T. (2023). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Fisika. 14(1), 63–73

Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 172.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v4i1.3385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<


SUB MENU

 

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:

             
 
      

 


 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.