The Influence of Blended Learning Methods in Learning Physics: A Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v4i1.3385Keywords:
literature review, blended learning, physics learningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika. Metode untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah dengan metode studi literatur. Penelitian dilakukan dengan merangkum dan mereview beberapa artikel penelitian tentang metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika yang diterbitkan dalam 2 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran blended learning banyak memberi manfaat terutama pada pembelajaran fisika. Metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran fisika memiliki kelebihan yaitu peserta didik mengalami perubahan dalam peningkatan hasil belajar, peningkatan jiwa sosial, peningkatan pemahaman pada konsep fisika, peningkatan kreatifitas dalam berpikir kreatif, dan keterampilan dalam pembelajaran, dengan metode blended learning ini juga membuat suasana dalam pembelajaran terasa tidak monoton. Disamping kelebihan yang ada, kekurangan dalam penerapan metode ini yaitu sulit diterapkannya blended learning pada pembelajaran fisika jika sarana dan prasarana tidak mendukungReferences
Alfiansyah, A. F., Septianti, R. P., Qolbi, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(2), 117
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group ( WAG ) Miksan Ansori Sekolah Tinggi Ilmu Syari ’ ah Faqih Asy ’ ari Kediri
Ariani, T. (2023). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Fisika. 14(1), 63–73
Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 172.