Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Fisika di SMA

Intan Ananda, Nurul Fadieny, Safriana Safriana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan aplikasi Quizizz  sebagai metode penilaian dalam pembelajaran fisika, terutama pada sub bab sumber radiasi elektromagnetik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan literature review. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui jurnal elektronik nasional dan internasional yang diakses melalui database dengan menggunakan teknik penelusuran elektronik. Beberapa artikel dipilih berdasarkan kata kunci “Quizizz ” dan “evaluasi pembelajaran fisika”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz  sebagai alat penilaian dalam pembelajaran fisika memiliki pengaruh positif terhadap minat, motivasi, dan hasil belajar siswa.


Kata Kunci


evaluasi pembelajaran; fisika; Quizizz

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrar, M., & Mahmudah, I. (2023). PERKEMBANGAN ALAT PERAGA MENGHITUNG LUAS DAN KELILING PERSEGI SATUAN GUNA MEMPERMUDAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 2(2), 9-19.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.

Apriliyani, D., & Khotimah, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Quizizz Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring (Online) Pada Materi Konflik Di SMP Laboratorium YDWP UNESA. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 54-68.

Azizah, Ziadatul, dkk. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik menggunakan Instrumen Berbantukan Quizizz . EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol. 8 (2), 1-11.

Budiharti, R., Pujayanto, P., Fauzi, A., & Nugraheny, I. (2019). Kaidah interaktif pengembangan modul elektronik pembelajaran fisika berbasis lcds pada materi gerak melingkar. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 55-61).

Bunyamin, A. C., Darmawan, D., & Dimyati, E. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Pada Pokok Bahasan Simple Past Tense Di Sma Negeri 6 Garut. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 5(2).

Fauza, N., Syaflita, D., Yunilita, W., & Seciowati, H. (2022). Persepsi Peserta Didik Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa di SMK Taruna Satria Pekanbaru. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 37-44.

Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas.

Heryanto, S. H., Aprianti, S., Pelani, R. R., & Irvani, A. I. (2023). Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 172-178.

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 6 PADANG. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 64-71.

Lestari, S. T., Sari, M. N. I., Jullizir, N. P., Irawan, D., Lestari, S., Siwi, P. Y., ... & Syaifulloh, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Media Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kerjo. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 41-47.

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 56-73.

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. Pensa, 3(2), 280-296.

Ramadhani, M., Zulfa, N. F., Pasha, P. R., Fauzan, S., & Ashad, A. (2022, July). Efektivitas Penggunaan Media Quizizz sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Akuntansi Dasar. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 2, No. 3).

Santika, Y. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Galaxy Eyes, 1(1), 11-20.

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.