Analisis Pengembangan Media Komik Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2818Keywords:
komik pembelajaran, minat belajar, metode SLRAbstract
Keunggulan penggunaan media pembelajaran meliputi beberapa hal. Pertama, media pembelajaran memberikan pedoman bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran, guru dapat merencanakan pengajaran dengan lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kedua, media pembelajaran membantu penyajian materi pelajaran dengan cara yang menarik sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif dapat membuat siswa lebih tertarik dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Ketiga, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran komik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode SLR (Systematic Literature Review) digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan komik sebagai media pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik dan efektif bagi siswa karena sifatnya yang lugas, mudah dipahami, serta mampu menghidupkan materi pelajaran dengan kreativitas visual.
References
Aziza, D. N., & Sudibyo, E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Komik pada Materi Getaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2).
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42.
Irvani, A. I. (2022). Merancang Media Pembelajaran Berdasarkan Bagaimana Siswa Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 5(1), 1-9.
Irvani, A. I., & Warliani, R. (2022). Development of Physics Demonstration Videos on Youtube (PDVY) as Physics Learning Media. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 1-12.
Meidyawati, S., Rustono, W. S., & Hodidjah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Membaca Pemahaman Di Kelas V Sd Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283-295.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2).
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32-39.
Ramdhani, S. I., Magfirah, N., & Hambali, H. (2020). pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 2 gowa. Binomial, 3(1), 15-25.
Saputro, A. D. (2017). Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar. Holistik, 2(1), 69-80.
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi (JASISFO), 2(1).
Solihat, I., Wahid, F. I., & Juansah, D. E. (2020, November). REPRESENTASI KRITIK DALAM KOMIK DARING TAHILALATS DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 192-204).
Syahdah, V. S., & Irvani, A. I. (2023). Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(1), 163-171.
Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62-68.
Sugiartinengsih, R. (2018). Penggunaan Media Komik Strip dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ekplanasi di SMAN 1 Sukahaji. Riksa Bahasa, 2(2), 187–194
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information Systems,