Pengembangan Buku Panduan Praktikum Fisika Berbasis Problem Solving pada Materi Listrik Statis

Vira Wulandari, Hartatiana Hartatiana, Herma Widya

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku panduan praktikum berbasis problem solving pada materi listrik statis yang valid dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPA. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran problem solving dengan metode penelitian Research and Development (R&D)  model Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan responden yang bertujuan untuk menguji divalidasi dan kepraktisan dari bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian ini yaitu telah dikembangkan buku panduan praktikum berbasis problem solving pada materi listrik statis yang telah divalidasi oleh para validator. Hasil validasi ahli materi sebesar 88%, ahli media sebesar 96%, dan ahli bahasa sebesar 98% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba lapangan diperoleh persentase respons peserta didik sebesar 89% dan respons pendidik sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis problem solving pada materi listrik statis yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci


Panduan Praktikum, Problem Solving, Research and Development (R&D), Listrik Statis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aflaha, Dwi Sari Ida, dkk.(2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Materi Elastisitas Untuk SMA Kelas X SMA/MA : Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 4, No. I (https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i1.9548)

Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. (http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=5666&pRegionCode=TRUNOJOYO&pClientId=639)

Ariyanto,Metta.dkk.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa : Jurnal Guru Kita (JGK) Vol. 2,(3) hal. 106-115 p-ISSN : 2548-883X e-ISSN : 2549-1288 (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/download/10392/9331)

Asry, Resty Dwi.dkk.(2020). Pengembangan Penuntun Praktikum Kapasitor Sebagai Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses : Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika e-ISSN: 2355-620X Vol. 7, No. 2 (http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17249)

Carlina, Nova, dkk.(2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Pemecahan Masalah Konsep Tegangan Permukaan danViskositas : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Vol. 1 No. 1, Hal : 82-89 (https://doi.org/10.33369/ajipf.1.1.82-89)

Darmaji, dkk.(2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Materi Gesekan Berbasis Keterampilan Proses SAINS Menggunakan Model Problem Solving. Universitas Jambi : Jambi (https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3413)

Firli, A, dkk.(2017). Implementing Mixed Method Of Peer Teaching And Problem Solving On Undergraduate Students : Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (1) pp. 1-5. (https://doi.org/10.23887/jere.v1i1.9843)

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson.

Hartini.dkk.(2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam : Journal of Chemistry And Education. Vol. 1. No. 1. 37-45 (http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/63)

Nurhuda, T., & Irvani, A. I. (2021). Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menggunakan Perangkat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(1), 33-38.

Mulyani. S.dkk.(2021). Karakterisasi Tes Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Respons Butir : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Vol. 01 No. 01 hal: 1-4 (http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i1.1006)

Pambudi, Bayu.dkk.(2018). Pengembangan Alat Peraga IPA Dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Purworejo : Indonesian Journal of Primary Education (IJPE) Vol 2, No 2, hal : 28-33, ISSN : 2597-4866 (https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097)

Salmiati.(2018). Desain Penuntun Praktikum Berbasis Problem Solving Pada Materi Sistem Regulasi Untuk Madrasah Aliyah. UIN Sulthan Thata Saifuddin : Jambi (https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4168)

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development . Alfabeta : Bandung

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2684

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.