Penggunaan E-learning Madrasah dalam Proses Pembelajaran Fisika di MAN 2 Garut

Sherla Heryanti Heryanto, Sinta Aprianti, Resa Resta Pelani, Asep Irvan Irvani

Abstrak


Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi E-learning dalam pembelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen dengan sumber data primer dari wawancara dan sumber data sekunder dari dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan E-learning memberikan manfaat bagi dunia pendidikan dengan adanya fitur-fitur pembelajaran seperti absensi online, penyimpanan materi, serta aplikasi video conference seperti zoom meeting atau google meet. Dalam konteks pembelajaran fisika, E-learning memungkinkan siswa untuk melakukan praktikum secara virtual dengan menggunakan media Youtube, PhET, dan demonstrasi dalam bentuk video. Namun, terdapat kendala dalam mengakses E-learning yang disebabkan oleh masalah teknis seperti koneksi internet yang buruk dan kurangnya pemahaman tentang penggunaan platform E-learning. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki implikasi penting dalam meningkatkan pemanfaatan E-learning dalam proses pembelajaran fisika dengan memberikan bimbingan dan pengarahan dari guru dan pihak sekolah serta perbaikan masalah teknis agar siswa dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Kata Kunci


e-learning; madrasah; pembelajaran fisika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzah, D. A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Hikam, F. F. (2020). Peran Keluarga Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Wabah Covid-19. Pandawa, 2(2), 194-203.

Indahsari, H., & Sari, Y. A. (2020, May). Pengembangan Pendidikan Kreatif Dengan Memanfaatkan Pembelajaran Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35-41.

Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.

Moleong, L. J. (2019). Moleong,” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.

Napsawati, N. (2020). Analisis situasi pembelajaran IPA Fisika dengan metode daring di tengah wabah covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran jarak jauh berbasis web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72-78.

Purwasi, L. A., Fitriyana, N., & Alfian, D. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA GURU SD IT MUTIARA CENDEKIA LUBUKLINGGAU. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 116-129.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 106-118.

Sadidah, A., & Irvani, A. I. (2021). Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 69-74.

Sagita, M., & Nisa, K. (2019). Pemanfaatan e-Learning bagi para pendidik di era digital 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35-41.

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605-6010.

Yunis, R., & Telaumbanua, K. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 6(1), 32-36.

Zainudin, A. (2020). E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Informasi, Teknologi dan Komunikasi Guna Mencegah Penyebaran COVID-19. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 17-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

jpif@uniga.ac.id

PENGUNJUNG:

Status Pengunjung Jurnal

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.