Kesulitan Menanamkan Jiwa Percaya Diri terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Fisika

Vinni Syafa Syahdah, Asep Irvan Irvani

Abstrak


Dunia pendidikan sangat vital dalam kehidupan, mempengaruhi perubahan individu. Pendidikan yang didapatkan dari keluarga dan sekolah juga sangat penting. Proses belajar memengaruhi pendidikan, termasuk ilmu fisika. Kepercayaan diri siswa penting dalam prestasi fisika, namun banyak siswa kurang percaya diri dan mengandalkan teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rasa percaya diri siswa dalam mengerjakan soal fisika. Penelitian studi lapangan ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Garut. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang siswa kelas XII yang dipilih secara acak oleh penulis saat melakukan pengambilan data. Pengambilan data dilakukan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada mata pelajaran fisika. Data diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum sesuai dengan perencanaan dikarenakan sebagian besar siswa pasif. Hasil lain menunjukkan bahwa 12 dari 15 siswa tidak percaya diri untuk mengerjakan soal. Rasa percaya diri yang rendah ini disebabkan karena siswa tidak benar-benar memahami apa yang mereka pelajari.


Kata Kunci


Pembelajaran Fisika; Percaya Diri; Soal Fisika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adawiyyah, Y., & Irvani, A. I. (2022). Analisis Pembelajaran Dengan Desain Didaktik Sharing Task dan Jumping Task pada Materi Persilangan Monohibrid. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 592-602.

Aziza, N. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43.

Irvani, A. I. (2017). Integrasi Proses Researching Reasoning Reflecting Pada Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Saintifik dan Sikap Siswa terhadap Fisika (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1).

Madani, Sintia (2021) Efektivitas Metode Pembelajaran Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Bajo Kabupaten Bima. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Mukholifah, A. R. (2020). upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar ipa kelas vi sdn 02 tonatan ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Sadidah, A., & Irvani, A. I. (2021). Analisis Penggunaan Simulasi Interaktif dalam Pembelajaran pada Topik Hukum Coulomb. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 69-74.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wardhany, R. P. K. (2014). Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Widodo, R. I., Kurniawan, D. A., Maison, M., & Irmanto, I. (2022). Investigasi Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas 11 pada Pembelajaran Fisika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v3i1.1586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

         

 

Download Journal Template

Bahasa Indonesia:


English:

 

Klik untuk menghubungi tim redaksi melalui WhatsApp


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

(0262) 236395

jpif@uniga.ac.id

PENGUNJUNG:

Status Pengunjung Jurnal

 
Indexed by:
         
 
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:


ISSN/E-ISSN:

     

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.