Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika

Fhemy Verdian, Muhammad Afta Jadid, Maya Nurul Rahmani

Abstrak


Fisika dengan berbagai konsep yang masih sulit dipahami, memerlukan sebuah media pembelajaran yang mampu menjelaskan konsep tersebut dengan lebih mudah dan menarik. Keterbatasan media nyata menjadi kendala dalam melaksanakan pembelajaran virtual, sehingga guru membutuhkan media digital sebagai alternatif, salah satunya media simulasi  PhET. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan penggunaan Simulasi PhET. 2) Mengetahui keefektifan penggunaan media Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. 3) Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan penggunaan Simulasi PhET dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Studi Kepustakaan. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PhET merupakan aplikasi web base learning dengan berbagai materi yang memiliki kemudahan penggunaan serta mampu menjelaskan konsep melalui animasi simulasi dan penggunaan simulasi PhET akan lebih baik jika dikombinasikan dengan strategi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. PhET memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya ialah, efektif digunakan untuk menjelaskan konsep fisika yang bersifat abstrak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, R., Rustana, C. E., & Budi, E. (2020). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PHET DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN WEBINAR ZOOM TERHADAP PENINGKATAN HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA FISIKA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), IX, 177–182. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.26

Azizaturredha, M., Fatmawati, S., & Yuliani, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL (PhET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS. EduFisika, 4(01), 1–5. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.6051

Ben Ouahi, M., Ait Hou, M., Hassouni, T., & Al Ibrahimi, E. M. (2020). Opinions of moroccan teachers towards the use of PhET simulations in teaching and learning physics - Chemistry. Colloquium in Information Science and Technology, CIST, 2020-June, 274–278. https://doi.org/10.1109/CiSt49399.2021.9357174

Bhakti, Y. B., Dwi, A. I. A., & Dasmo. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PhET SIMULATION BAGI GURU MGMP FISIKA KABUPATEN SERANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). Retrieved from http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.574

Dasmo, D., Budi Bhakti, Y., & Napis, N. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran Phet simulation dalam eksperimen fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.192

Eveline, E., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Effect of Scaffolding Approach Assisted by PhET Simulation on Students’ Conceptual Understanding and Students’ Learning Independence in Physics. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012036

Ghivarianto, R. D. (2020). Digitalisasi Pendidikan, Nadiem Makarim Bicara Teknologi Perkuat Guru. Retrieved October 20, 2020, from news.detik.com website: https://news.detik.com/berita/d-5000432/digitalisasi-pendidikan-nadiem-makarim-bicara-teknologi-perkuat-guru

Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.

Laila, S. I. (2020). Keefektifan penerapan laboratorium virtual (PhET) Berbasis STEM dan keterampilan penyelesaian masalah. SEMINAR NASIONALF ISIKA (SNF) 2020, 4. Retrieved from https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/140/136

Maulina, R. N., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas pembelajaran fisika berbantuan media virtual PhET disamping pelaksanaan lab riil untuk melatihkan keterampilan proses sains. Seminarnasionalfisika(Snf)2017, (November), 65–69.

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, 44(1), 18–23. https://doi.org/10.1119/1.2150754

Ramadhan, A., Hasyim, F., & Wibowo, H. A. C. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FISIKA BAB GAYA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET DAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA SMP KELAS 8 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 2527–5917. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15151

Santoso, H. (2009). PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/5203/1/130910508201004201.pdf

Sari, E., Khairani, D., Subchi, I., Durachman, Y., Rifai, A., & Rosyada, D. (2021). Application of PhET Simulation Media in Physics Learning During a Pandemic Covid-19. Proceedings of the 3rd International Colloquium on Interdisciplinary Islamic Studies, ICIIS 2020, 20-21 October 2020, Jakarta, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.20-10-2020.2305146

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Template Artikel:

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA, FPIK, UNIVERSITAS GARUT 

  📌 Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151

📞 (0262) 236395
📧 [email protected]

VISITOR:

View My Stats

 
Indexed by:
         
Supported by:
 
RJI Main logo
 
Tools:
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.