fisika

Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

JPIF (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika) Universitas Garut merupakan jurnal ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil riset dan kajian ilmiah di bidang pendidikan fisika dan fisika.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel yang masuk (submited) ke Dewan Redaksi JPIF (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika) akan ditelaah oleh Ketua Dewan Editor untuk disesuaikan dengan ruang lingkup Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika. Artikel akan dipindai dengan program anti plagiaris Turnitin untuk memastikan tidak ada unsur plagiarisme, atau tidak melebihi 20 persen. Setelah artikel susuai dengan ruang lingkup jurnal dan unsur plagiarismenya tidak lebih dari 20 persen, ketua editor menugaskan reviewer sesuai dengan bidang ilmu yang dibahas dalam artikel secara Double Blind Peer Review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap subuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan. Setiap artikel akan ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer). Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka ketua dewan redaksi akan menunjuk penelaah ketiga.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Biaya

Penyerahan dan penerbitan artikel di Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) tidak dikenakan biaya.