Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

JPIF (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika) Universitas Garut merupakan jurnal ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil riset dan kajian ilmiah di bidang pendidikan fisika dan fisika. Berikut topik yang berada dalam ruang lingkup Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF):

  1. Pengembangan Pembelajaran Fisika
  2. Isu-isu Pendidikan Fisika
  3. Model dan Media Pembelajaran Fisika
  4. Asesmen Pembelajaran Fisika
  5. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Fisika
  6. Lesson Study dalam Pembelajaran Fisika
  7. Eksperimen Fisika
  8. Pengembangan Modul dan Bahan Ajar Fisika
  9. Pengembangan Alat Praktikum
  10. Laboratorium Virtual
  11. Aplikasi Fisika
  12. Kajian Ilmu Fisika

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel yang masuk (submited) ke Dewan Redaksi JPIF (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika) akan ditelaah oleh Ketua Dewan Editor untuk disesuaikan dengan ruang lingkup Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika. Artikel akan dipindai dengan program anti plagiaris Turnitin untuk memastikan tidak ada unsur plagiarisme, atau tidak melebihi 20 persen. Setelah artikel susuai dengan ruang lingkup jurnal dan unsur plagiarismenya tidak lebih dari 20 persen, ketua editor menugaskan reviewer sesuai dengan bidang ilmu yang dibahas dalam artikel secara Double Blind Peer Review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap subuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga obyektivitas hasil penelaahan. Setiap artikel akan ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer). Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka ketua dewan redaksi akan menunjuk penelaah ketiga.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Biaya Penulis

JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) membebankan biaya  penulis sebagai berikut :

  • Penyerahan (submit) artikel : 0.00 IDR (gratis)
  • Biaya Publikasi artikel : 0.00 IDR (gratis)

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Universitas Garut terbit dua kali selama satu tahun, yaitu pada Bulan Juni dan Desember.

 

Etika Publikasi

Pernyataan berikut menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel untuk Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, yaitu: penulis, editor, dan peer reviewer.

1. Tugas Editor

1.1. Keputusan Publikasi

Editor dari Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika bertanggung jawab untuk memutuskan penerbitan artikel yang telah diajukan. Penting bagi peneliti dan pembaca untuk selalu mendorong keputusan tersebut sebagai bagian dari proses validasi. Editor dapat dipandu dengan kebijakan dari dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding degan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.

1.2. Fair play

Editor harus mengevaluasi naskah sesuai dengan konten intelektual tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama, etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

1.3. Kerahasiaan

Editor dan staf editor tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diajukan kepada orang lain selain penulis yang bersangkutan, reviewer, potensial reviewer, penasehat editorial lainnya, dan penerbit yang sesuai.

1.4. Konflik Kepentingan

Bahan-bahan yang tidak dipublikasikan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan untuk penelitian editor sendiri tanpa izin persetujuan tertulis dari penulis. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh dari proses review harus dijaga kerahasiannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

Editor harus mengundurkan diri (harus meminta co-editor, asosiasi editor atau anggota lain dari dewan redaksi untuk mereview dan mempertimbangkan) dari naskah yang memiliki konflik kepentingan sebagai akibat dari naskah yang kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lainnya atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau (mungkin) lembaga yang berhubungan dengan naskah.

Editor harus mewajibkan seluruh kontributor untuk mengungkapkan competing interests yang relevan dan mempublikasikan koreksi jika competing interests terungkap setelah publikasi. Jika diperlukan, tindakan lain yang tepat harus diambil seperti pencabutan publikasi atau ungkapan permintaan maaf.

1.5. Keterlibatan dan Kerjasama dalam Investigasi

Editor harus mengambil langkah-langkah yang cukup responsif ketika ditemukan keluhan pada  etika mengenai naskah yang diajukan dalam hubungannya dengan penerbit (atau masyarakat).

Langkah-langkah ini secara umum meliputi menghubungi penulis naskah dan memberikan pertimbangan dari keluhan masing-masing atau klain yang telah dibuat, komunikasi lebih lanjut ke instansi terkait dan badan-badan penelitian dan jika keluhan telah ditegakkan maka koreksi publikasi, penarikan kembali, ungkapan permintaan maaf, atau catatan lain yang mungkin relevan.

Setiap tindakan yang dilaporkan mengenai perilaku tidak etis dalam publikasi harus terus diperhatikan meskipun jika hal tersebut ditemukan beberapa tahun setelah publikasi.

2. Tugas Reviewer 

2.1. Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Proses review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editor dengan penulis juga dapat membantu penulis memperbaiki naskahnya. Proses review merupakan komponen penting dalam komunikasi formal dan  terletak pada jantung metode ilmiah.

2.2. Kecepatan

Setiap reviewer yang merasa tidak berkualifikasi untuk mereview penelitian yang dilaporkan pada naskah atau mengetahui dirinya tidak mungkin melakukan review dalam waktu cepat harus memberitahu editor dan mengundurkan diri dari proses review.

2.3. Kerahasiaan

Setiap naskah yang telah diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tersebut tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali dengan izin dari editor.

2.4. Standar Objetivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik personal terhadap penulis tidak diperkenankan. Reviewer harus menunjukkan hasil penilaiannya dengan jelas beserta argumen pendukung.

2.5. Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi naskah relevan yang telah dipublikasikan yang tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang meliputi observasi, derivasi, atau argumen yang telah dituliskan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus berkomunikasi dengan editor jika terdapat kesamaan substansi atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dalam pertimbangan dan setiap naskah lain yang telah diterbitkan.

2.6. Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan yang terdapat dalam naskah tidak boleh digunakan untuk penelitian reviewer sendiri tanpa izin tertulis dari penulis. Informasi dan ide yang istimewa yang diperoleh melalui proses review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Reviewer tidak harus mempertimbangkan naskah yang memiliki konflik kepentingan akibat naskah yang kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lainnya dengan salah satu penulis, atau perusahaan yang terlibat dengan naskah.

 

Panduan Penulisan

STRUKTUR TEKS

  1. Naskah ditulis dengan menggunakan jenis font "Times New Rowman" size 11 pt, kecuali di beberapa bagian seperti di template.
  2. Setiap judul dibuat Bold dengan font size 11 pt.
  3. Semua kalimat hanya dibuat menggunakan MS. Word
  4. Jumlah total artikel 5-8 halaman
  5. Gunakan satu spasi

JUDUL: ditulis dengan menggunakan huruf kapital di awal kalimat, kecuali kata penghubung. Judul singkat dan jelas (tidak lebih dari 20 kata)

IDENTITAS PENULIS: Nama ditulis lengkap (tidak disingkat) tanpa gelar. Bila penulis lebih dari seorang dengan alamat instansi yang berbeda, maka dibelakang setiap nama diberi indeks *). Alamat penulis ditulis di bawah nama penulis, mencakup laboratorium, lembaga, dan alamat lengkap dengan nomor telepon/ faximile dan e-mail. Indeks tambahan diberikan pada penulis yang dapat diajak berkorespondensi (corresponding author).

ABSTRAK: ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia maksimal 200 kata dengan tampilan 1 kolom dan dilengkapi dengan kata kunci (key words) yang diurut berdasarkan kepentingannya. Abstrak memuat pentingnya penelitian, tujuan, metode, dan hasil penelitian yang ditulis dalam satu kesatuan

PENDAHULUAN: memuat tentang ruang lingkup, latar belakang tujuan, dan manfaat penelitian. Bagian ini hendaknya memberikan latar belakang agar pembaca dapat memahami dan menilai hasil penelitian tanpa membaca laporan-laporan sebelumnya yang berkaitan dengan topik. Manfaatkanlah pustaka yang dapat mendukung pembahasan.

METODE PENELITIAN: diuraikan secara terperinci dan jelas mengenai bahan yang digunakan dan cara kerja yang dilaksanakan, termasuk metode statistika. Cara kerja yang disampaikan hendaknya memuat informasi yang memadai sehingga memungkinkan penelitian tersebut dapat diulang dengan berhasil.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN: disajikan secara bersama dan membahas dengan jelas hasil- hasil penelitian. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk tertulis di dalam naskah, tabel, atau gambar. Kurangi penggunaan grafik karena hal tersebut dapat dijelaskan dalam naskah. Batasi pemakaian foto, sajikan foto yang jelas menggambarkan hasil yang diperoleh. Gambar dan tabel harus diberi nomor dan dikutip dalam naskah. Pembahasan yang disajikan hendaknya memuat tafsir atas hasil yang diperoleh dan bahasan yang berkaitan dengan laporan-laporan sebelumnya. Akan lebih baik jika rujukan yang digunakan merujuk ke Jurnal yang telah diterbitkan. Hindari mengulang pernyataan yang telah disampaikan pada metode, hasil dan informasi lain yang telah disajikan pada pendahuluan.

KESIMPULAN: Disajikan secara terpisah dari hasil dan pembahasan.

DAFTAR PUSTAKA: Disusun secara alfabetis terdiri dari nama pengarang, tahun terbit, judul referensi, keterangan seperti edisi, tempat, penerbit, dan alamat situs. Referensi yang dicantumkan pada daftar pustaka sesuai dengan referensi yang dikutip pada bagian pendahuluan.

Contoh Daftar Pustaka

Jurnal Ilmiah (Cetak)

  1. Kurniati NF, Suwandi DW, Yuniati S. Aktivitas mukolitik kombinasi ekstrak etanol daun kemangi dan ekstrak etanol daun sirih merah. Pharm Sci Res. 2018;5(1);7-13.

Jurnal Ilmiah (Full-Text dari Database Elektronik)

  1. Suhery WN, Febrina M, Permatasari I. Microemulsion formulation of combination of virgin coconut oil and rice bran oil for growth. Tradit Med J [serial online]. 2018;23(1);40-6. DOI: 10.22146/mot.29213

Buku (1 Penulis)

  1. Hakim L. Farmakokinetik.Yogyakarta: Bursa Ilmu; 2014. 20p.

Buku (2-6 Penulis)

  1. Wells BG, Dipiro JT, Schwinghammer TL, Dipiro CV. Pharmacotherapy handbook. 9th ed. United States: Mc Graw Hill; 2015. 235-39p.

 Buku (7 atau lebih penulis)

Dipiro JT, Talbert RL, Yee GC, et al. Pharmacotherapy: A pathophysiologic approach. 6th ed. United States: Mc Graw Hill; 2005. 568p.

Thesis

Fauzi M. Virtual screening senyawa trigonelline dan modifikasinya dari kopi (Coffea sp.) pada Epidermal  Growth Factor Receptor (EGFR) sebagai obat kanker serviks [Thesis].  Garut: Program Studi Magister Fakultas MIPA Universitas Garut; 2018. 27-9.

Prosiding

Susilo A, Denny. Keragaman tumbuhan dan potensi pemanfaatannya di kawasan hutan alam sekunder RPH Cisujen KPH Sukabumi , Jawa Barat. In: Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 2016. p. 256–62.

Online

  1. Hoffmann P. Antidesma in Malesia and Thailand [Internet]. Flora Malesiana. 2006 [cited 2018 Feb 10]. p. 1–292. Available from: http://www.nationaalherbarium.nl/Euphorbs/specA/Antidesma.htm

 

Lisensi dan hak Cipta

Lisensi:

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.

Hak Cipta :

Hak cipta pada setiap artikel adalah milik Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF).

  1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonComercial-ShareAlike 4.0 International License.
  2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF).

 

Kebijakan Peer Review

  1. Naskah yang diterima, selanjutnya akan ditelaah atau di-review oleh reviewer/mitra bestari yang kompeten di bidangnya.
  2. Kebijakan Review Jurnal Pendidikan dan Ilmu menggunakan double blind Review
  3. Pemberitahuan naskah diterima atau ditolak, paling lama 1 minggu setelah naskah direview.  Apabila lebih dari 1 minggu belum ada konfirmasi dari redaksi, penulis berhak menghubungi dewan redaksi untuk memastikan status naskah.

 

Kebijakan Akses

Setiap naskah/artikel yang telah diterbitkan dapat diakses secara gratis full text-nya.

Untuk Referensi atau Daftar Pustaka diwajibkan menggunakan tool mandeley. Disarankan menggunakan referensi yang update dan lebih dari 10 pustaka terutama yang berasal dari artikel jurnal.

 

Manajer Referensi

Untuk Referensi atau Daftar Pustaka diwajibkan menggunakan tool mandeley. Disarankan menggunakan referensi yang update dan lebih dari 10 pustaka terutama yang berasal dari artikel Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika.

 

Indexing