Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS) PISA 2024
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi13579Abstrak
Penelitin ini bertujuan mengkaji secara literatur megnenai pembelajaran IPA berorientasi pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS). Kajian literatur yang dilakukan menggunakan Narrative Literatur Review (NLR) dengan 4 tahapan utama, yaitu menentukan topik kajian, mencari dan menyeleksi literatur, menganalisis dan mengkritisi literatur, dan menentukan struktur logis untuk narasi dari kajian literaturnya. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa 1) pada SVDS terdapat penambahan domain literasi saintifik, yaitu scientific identity yang menggantikan scientific attitude. 2) Domain scientific knowledge terdiri atas pengetahuan yang mendukung untuk pemecahan masalah kompleks berkaitan dengan isu-isu di sekitar, pengetahuan dalam memberikan apresiasi dalam perkembangan ilmu, serta pengetahuan tentang data, struktur dan perilaku sistem pemorsesan informasi. 3) Pada domain scientific competencies terjadi penambahan dua kompetensi dan mengeliminasi satu kompetensi, yaitu kompetensi menggunakan pengetahuan sains dalam memutuskan tindakan, keterampilan berpikir probabilistik, keterampilan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan keterampilan menginterpretasi data dan bukti ilmiah. 4) Pada domaian tambahan, yaitu scientific identitiy terdiri atas Science Capital, Critical science agency, Inclusive science experiences and practices, Ethics and values. Pembelajaran IPA yang dapat dirancang antara lain pembelajaran IPA berpendekatan socio-scientific issues (SSI), pembelajaran IPA dengan tema-tema sustainable development goals, pembelajaran IPA dengan pendekatan Historical Inquiry Cases (HIC), pembelajaran IPA berbantuan Machine learning and artificial intelligence, dan pembelajaran IPA dengan Inquiry Based Learning (IBL)Referensi
Allchin, D. (2020). Historical Inquiry Cases for Teaching Nature of Science Analytical Skills. In: McComas, W.F. (eds) Nature of Science in Science Instruction. Science: Philosophy, History and Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-57239-6_32
Broderick, N. (2023). Exploring different visions of scientific literacy in Irish primary science education: core issues and future directions. Irish Educational Studies, 1–21. https://doi.org/10.1080/03323315.2023.2230191
Georgiou, Y., & Kyza, E. A. (2023). Fostering Chemistry Students’ Scientific Literacy for Responsible Citizenship through Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL). Sustainability (Switzerland), 15(8), 1–21. https://doi.org/10.3390/su15086442
Gregory, A. T., & Denniss, A. R. (2018). An Introduction to Writing Narrative and Systematic Reviews — Tasks, Tips and Traps for Aspiring Authors. Heart Lung and Circulation, 27(7), 893–898. https://doi.org/10.1016/j.hlc.2018.03.027
Hain, D., Jurowetzki, R., Lee, S., & Zhou, Y. (2023). Machine learning and artificial intelligence for science, technology, innovation mapping and forecasting: Review, synthesis, and applications. Scientometrics, 128(3), 1465–1472. https://doi.org/10.1007/s11192-022-04628-8
Kähler, J., Hahn, I., & Köller, O. (2020). The development of early scientific literacy gaps in kindergarten children. International Journal of Science Education, 42(12), 1988–2007. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1808908
Li, Y., & Guo, M. (2021). Scientific Literacy in Communicating Science and Socio-Scientific Issues: Prospects and Challenges. Frontiers in Psychology, 12(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.758000
OECD. (2019). PISA 2018 Science Framework. PISA 2018 Assesment and Analytical Framework, 97–117.
OECD. (2020). PISA 2024 strategic vision and direction for science. OECD Report, March, 28. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2024-assessment-analytical-framework-science-strategic-vision-proposal.htm
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains [Innovation In Science Learning]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains VI, 23–34.
Rahayu, S. (2015). Meningkatkan profesionalisme guru dalam mewujudkan literasi sains siswa melalui pembelajaran kimia/IPA berkonteks isu-isu sosiosaintifik (Socio-scientific Issues). Conference: National Conference, May, 1–17.
Siswanto, J., Suyidno, S., Mahtari, S., Fitriyani, F., Febriani, W., & Sari, E. (2023). The Barriers to Developing Students’ Scientific Literacy in Learning Physics of Quantities and Measurements. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 206–220. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.27767
Sjöström, J., & Eilks, I. (2018). Reconsidering Different Visions of Scientific Literacy and Science Education Based on the Concept of Bildung. Cognition, Metacognition, and Culture in STEM Education, Innovations in Science Education and Technology, 24, 65–88. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_4
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).