Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS) PISA 2024

Abdul Latip

Sari


Penelitin ini bertujuan mengkaji secara literatur megnenai pembelajaran IPA berorientasi pada Framework Strategic Vision and Direction for Science (SVDS). Kajian literatur yang dilakukan menggunakan Narrative Literatur Review (NLR) dengan 4 tahapan utama, yaitu menentukan topik kajian, mencari dan menyeleksi literatur, menganalisis dan mengkritisi literatur, dan menentukan struktur logis untuk narasi dari kajian literaturnya. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa 1) pada SVDS terdapat penambahan domain literasi saintifik, yaitu scientific identity yang menggantikan scientific attitude. 2) Domain scientific knowledge terdiri atas pengetahuan yang mendukung untuk pemecahan masalah kompleks berkaitan dengan isu-isu di sekitar, pengetahuan dalam memberikan apresiasi dalam perkembangan ilmu, serta pengetahuan tentang data, struktur dan perilaku sistem pemorsesan informasi. 3) Pada domain scientific competencies terjadi penambahan dua kompetensi dan mengeliminasi satu kompetensi, yaitu kompetensi menggunakan pengetahuan sains dalam memutuskan tindakan, keterampilan berpikir probabilistik, keterampilan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan keterampilan menginterpretasi data dan bukti ilmiah. 4) Pada domaian tambahan, yaitu scientific identitiy terdiri atas Science Capital, Critical science agency, Inclusive science experiences and practices, Ethics and values. Pembelajaran IPA yang dapat dirancang antara lain pembelajaran IPA berpendekatan socio-scientific issues (SSI), pembelajaran IPA dengan tema-tema sustainable development goals, pembelajaran IPA dengan pendekatan Historical Inquiry Cases (HIC), pembelajaran IPA berbantuan Machine learning and artificial intelligence, dan pembelajaran IPA dengan Inquiry Based Learning (IBL)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allchin, D. (2020). Historical Inquiry Cases for Teaching Nature of Science Analytical Skills. In: McComas, W.F. (eds) Nature of Science in Science Instruction. Science: Philosophy, History and Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-57239-6_32

Broderick, N. (2023). Exploring different visions of scientific literacy in Irish primary science education: core issues and future directions. Irish Educational Studies, 1–21. https://doi.org/10.1080/03323315.2023.2230191

Georgiou, Y., & Kyza, E. A. (2023). Fostering Chemistry Students’ Scientific Literacy for Responsible Citizenship through Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL). Sustainability (Switzerland), 15(8), 1–21. https://doi.org/10.3390/su15086442

Gregory, A. T., & Denniss, A. R. (2018). An Introduction to Writing Narrative and Systematic Reviews — Tasks, Tips and Traps for Aspiring Authors. Heart Lung and Circulation, 27(7), 893–898. https://doi.org/10.1016/j.hlc.2018.03.027

Hain, D., Jurowetzki, R., Lee, S., & Zhou, Y. (2023). Machine learning and artificial intelligence for science, technology, innovation mapping and forecasting: Review, synthesis, and applications. Scientometrics, 128(3), 1465–1472. https://doi.org/10.1007/s11192-022-04628-8

Kähler, J., Hahn, I., & Köller, O. (2020). The development of early scientific literacy gaps in kindergarten children. International Journal of Science Education, 42(12), 1988–2007. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1808908

Li, Y., & Guo, M. (2021). Scientific Literacy in Communicating Science and Socio-Scientific Issues: Prospects and Challenges. Frontiers in Psychology, 12(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.758000

OECD. (2019). PISA 2018 Science Framework. PISA 2018 Assesment and Analytical Framework, 97–117.

OECD. (2020). PISA 2024 strategic vision and direction for science. OECD Report, March, 28. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2024-assessment-analytical-framework-science-strategic-vision-proposal.htm

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains [Innovation In Science Learning]. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains VI, 23–34.

Rahayu, S. (2015). Meningkatkan profesionalisme guru dalam mewujudkan literasi sains siswa melalui pembelajaran kimia/IPA berkonteks isu-isu sosiosaintifik (Socio-scientific Issues). Conference: National Conference, May, 1–17.

Siswanto, J., Suyidno, S., Mahtari, S., Fitriyani, F., Febriani, W., & Sari, E. (2023). The Barriers to Developing Students’ Scientific Literacy in Learning Physics of Quantities and Measurements. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 206–220. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i2.27767

Sjöström, J., & Eilks, I. (2018). Reconsidering Different Visions of Scientific Literacy and Science Education Based on the Concept of Bildung. Cognition, Metacognition, and Culture in STEM Education, Innovations in Science Education and Technology, 24, 65–88. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_4




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v4i1.3579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â