Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kimia Fisika Berdasarkan Kurikulum KKNI

Penulis

  • Sandy Yudha Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi12755

Kata Kunci:

kurikulum KKNI, modul pembelajaran, perangkat pembelajaran, rencana pembelajaran semester

Abstrak

Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi keberhasilan pembelajaran terutama diperguruan tinggi. Dengan meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran, maka dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi termasuk materi pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Modul Pembelajaran sesuai kurikulum kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI). Pengembangan ini dilakukan pada mata kuliah kimia fisika di jurusan Teknik kimia Universitas Bung Hatta (UBH). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan model 4-D, namun pada penelitian ini hanya sampai pada 3 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Validator yang terlibat pada penelitian ini adalah validator ahli pengembangan dan ahli materi. Hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kedua perangkat adalah 3,79 (kriteria sangat layak). Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dibuat sudah sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Dasopang, W.A., Muhammad, A.H., dan Dita A.R.P. (2022). Problematika Mahasiswa Terhadap Tugas Perkuliahan Berbasis Kurikulum KKNI (Studi Kasus Prodi PAI UIN Sumatera Utara). Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Risalah. Vol. 8, No. 1.

Effiyanti, T., Pratiwi, D. E., & Dalimunthe, M. B. (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi KKNI Pada Mata Kuliah Ekonomi Syariah. Jurnal Niagawan, Vol. 7, No. 1.

Iborra, M., Ramírez, E., Tejero, J., Bringué, R., Fité, C., & Cunill, F. (2014). Revamping of teaching–learning methodologies in laboratory subjects of the Chemical Engineering undergraduate degree of the University of Barcelona for their adjustment to the Bologna process. Education for Chemical Engineers, Vol. 9. No. 3.

Monalisa, L. A., dan Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan Perangkat PembelajaranMata Kuliah Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika Berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Jurnal Pancaran.Vol. 5 No. 4.

Motlan, Sinuraya, J., Sinulingga, K., dan Mihardi, S. (2017). Analisis Kebutuhan Desain Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientifics dalam Mencapai Academic Success Skill. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Nurhamzah. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Tasawuf berbasis KKNI. Jurnal Inovasi Kurikulum. Vol. 18. No. 2.

Prausnitz, J. M. (2011). Chemical engineering and the postmodern world. Chemical Engineering Research and Design, Vol. 79, No. 7.

Sastradewi, P.F., Sadia, I.W., dan Karyasa, I.W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia yang Menerapkan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. Vol. 5.

Suteja, J. (2017). Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning). Jurnal Edueksos, Vol. 6, No. 1.

Yudha, S., Saputra, O. A., Purwanto, R., & Nugraha, A. W. (2021). Analysis of Chemical Teaching Materials for Class X SMA / MA on The Discussion of The Role of Chemistry in Daily Life. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 10(3), 109–117. https://doi.org/10.23960/jppk.v10.i3.2021.11

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42-47

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-14