Kajian Literatur: Pemanfaatan puzzle game sebagai media pembelajaran IPA

Penulis

  • Ai Tuti Kusmiati Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Garut
  • Dela Sri Astuti Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Garut
  • Aflah Aolanisa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi22735

Kata Kunci:

puzzle, pembelajaran IPA

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literatur review pada 8 jurnal yang dipublikasikan dari tahun 2010-2019. Metode literatur review ini memiliki 4 langkah, yaitu pemilihan topik yang akan direview, pencarian dan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis literatur, dan melakukan organisasi tulisan. Hasil dari literatur review ini menunjukkan bahwa: 1) media puzzle bisa digunakan dengan beberapa model pembelajaran, seperti model ADDIE dan model TGT (Teams Games Tournament). Kemudian media puzzle juga sesuai jika digunakan dengan pendekatan saintifik dan Teknik story telling. 2) penggunaan media puzzle memberikan dampak positif pada keaktifan, hasil belajar, pemahaman konsep IPA, motivasi, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa media puzzle layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : media pembelajaran, puzzle,

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-11