Kajian Literatur: Pemanfaatan puzzle game sebagai media pembelajaran IPA

Ai Tuti Kusmiati, Dela Sri Astuti, Aflah Aolanisa

Sari


Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai pemanfaatan media puzzle pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literatur review pada 8 jurnal yang dipublikasikan dari tahun 2010-2019. Metode literatur review ini memiliki 4 langkah, yaitu pemilihan topik yang akan direview, pencarian dan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis literatur, dan melakukan organisasi tulisan. Hasil dari literatur review ini menunjukkan bahwa: 1) media puzzle bisa digunakan dengan beberapa model pembelajaran, seperti model ADDIE dan model TGT (Teams Games Tournament). Kemudian media puzzle juga sesuai jika digunakan dengan pendekatan saintifik dan Teknik story telling. 2) penggunaan media puzzle memberikan dampak positif pada keaktifan, hasil belajar, pemahaman konsep IPA, motivasi, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa media puzzle layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : media pembelajaran, puzzle,


Kata Kunci


puzzle; pembelajaran IPA

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v3i2.2735

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools: