Analisis materi ajar kimia SMA/MA kelas XI pada konsep larutan penyangga

Sandy Yudha

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa label konsep dan kesesuaian  materi ajar terhadap kurikulum 2013 pada konsep larutan penyangga dan mengidentifikasi proporsi yang menimbulkan kesalahan konsep (miskonsepsi) pada buku teks kimia SMA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah table analisis konsep yang disesuaikan dengan Silabus pada kurikulum 2013. Pada penelitian ini dilakukan analisis pada dua buah buku teks kimia SMA kelas XI dan hasil penelitian menunjukkan label konsep yang dianalisis secara keseluruhan berjumlah 9 label konsep, label konsep pada buku A ada 9 label sesuai dengan silabus kurikulum 2013 dan pada Buku B ada 8 Label konsep dan sesuai dengan silabus kurikulum 2013. Materi Larutan Penyangga berdasarkan struktur makro wacana pada buku teks A pembahasan konsep pada dimensi elaborasi mencapai 4 level dan pada dimensi progresi pada level 2 terdapat 3 konsep yaitu: komponen, cara kerja dan pH larutan penyangga. Sedangkan pada buku teks B pembahasan konsep pada dimensi elaborasi mencapai level 4 dan pada dimensi progresi pada level 2 terdapat 4 konsep, yaitu: Komponen, Prinsip, Fungsi dan Perhitungan pH larutan penyangga. Proposisi yang berpotensi kesalahan konsep pada buku teks A ada dua, yaitu: keterangan rumus pH larutan penyangga dan perhitungan contoh soal  larutan penyangga asam yang dihitung adalah mol garam. Proposisi yang berpotensi kesalahan konsep pada buku teks B ada empat, yaitu: penggunaan kata yang kurang lengkap, penjelasan cara kerja larutan penyangga hanya pada larutan penyangga asam, kekurangan penjelasan tentang pembentukan larutan penyangga dari asam lemah dengan basa kuat atau sebaliknya dari asam kuat dan basa lemah serta penyelesaian conotoh soal hanya menghitung mol garam.

Kata Kunci


Analisis Materi Ajar, Buku Teks, Larutan Penyangga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahreza, R., Yudha, S., Purwanto, R., Suyanti, R. D., & Darmana, A. (2022). Used of RASCH Model for Analysis of Students' Critical Thinking Skills Test Instruments on Thermochemical Topics. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 11(2).

Mellyzar, M. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks Dan Tatanama Senyawa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 81-89.

Nurhayati, Redjeki , T., & Utami, B. (2013). Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Drill and Practice Dan Learning Cycle 5-E Disertai Media Crossword Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap Sma Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 191-198.

Nurul, G. (2019). Menyiapkan Bahan Ajar sesuai dengan Tingkat Berpikir Siswa. Kompasian [online]. Tersedia : http://www.kompasiana.com. [17 Januari 2019].

Purba, M. (2017). Kimia 2 Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Sari, Siti Fatimah Indah, dkk. (2020). Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas X Pada Konsep Stoikiometri. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 139-151.

Sariati, N. K. (2020). Analisis Kesulitan Materi Ajar pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 86-97.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan perubahan dalam Pendidikan Fisika. PT. Grasindo.

Sutresna, N (2015). Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Kimia untuk Kelas XI. Bandung: Grafindo Media Utama.

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2022, December). Development of Android-Based Interactive Multimedia on Odd Semester Chemistry Materials for Class X SMA/MA. In Proceedings of the 7th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2022, 20 September 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.

Yudha, S., Saputra, O. A., Purwanto, R., & Nugraha, A. W. (2021). Analysis of Chemical Teaching Materials for Class X SMA / MA on The Discussion of The Role of Chemistry in Daily Life. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 10(3), 109–117. https://doi.org/10.23960/jppk.v10.i3.2021.11




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v3i2.2724

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools: