Studi literatur: Analisis permasalahan pembelajaran kimia SMA pada materi stoikiometri
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11670Abstrak
Hingga saat ini problematika miskonsepsi dan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah numerik pada topik stoikiometri masih terjadi. Sebagian besar fokus penelitian hanya ditujukan pada cara mengungkap miskonsepsi siswa, padahal mengidentifikasi penyebab dan memberi solusi untuk mengatasi hal tersebut tidak kalah pentingnya. Kesulitan dalam stoikiometri disebabkan kurangnya pemahaman konsep mol, ketidakmampuan menyetarakan persamaan kimia, penggunaan hubungan stoikiometri yang tidak konsisten, mengidentifikasi pereaksi pembatas, penentuan hasil teoritis, dan identifikasi zat yang berlebihan. Pendidik perlu menganalisis serta menerapkan teknik pedagogis sebagai sarana untuk mengatasi miskonsepsi dan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah numerik diantaranya memperbaiki prakonsepsi siswa, pembelajaran dengan model student centered learning, membuat peta konsep dan mind map, berlatih memecahkan soal dengan langkah-langkah algoritmik dan melakukan pembelajaran yang mencapai tingkat ketuntasan. Karena eberhasilan siswa dalam memahami materi stoikometri menjadi faktor penentu dalam mempelajari materi selanjutnya yang memerlukan konsep stoikiometri sebagai materi prasyarat.
Kata kunci:Â Â stoikiometri, miskonsepi, kesulitan belajar, kompetensi pedagogik, pemecahan masalah
Referensi
Aini, R.G., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dalam Materi Stoikiometri pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Malang Melalui Soal Diagnostik Three-Tier. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 50–56.
Anugrah, I.R. (2019). Telaah Topik Stoikiometri Sma: Miskonsepsi Dan Strategi Pembelajarannya. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 94-103.
Astuti, P., Redjeki, T., & Nurhayati, T.N.D. (2016). Identifikasi miskonsepsi dan penyebabnya pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 10-17.
Chang, R. (2010). Chemistry 10th edition. New York: McGraw-Hill.
Damayanti, E.T. (2017). Analisis miskonsepsi pesertadidik dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi pada konsep stoikiometri di SMA Negeri 5 Semarang. Thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Ipilo, S.R., Sihaloho, M., & Paputungan, M. (2018). Deskripsi Metakognitif Siswa Yang Memiliki Gaya Kognitif Field Dependent Dalam Memecahkan Masalah Stoikiometri. Jurnal Entropi, 13(2), 221-234.
Kristiyanto, S., Yamtinah, S., & Saputro, S. (2018). Analisis Langkah-Langkah Penyelesaian Soal Model Testlet Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Penelitian Pendidikan Pendagogia, 21(2), 132-141.
Lestari, E.A., Harjito., Susilaningsih, E., & Wijayati, N. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnosa Three-Tier Multiple Choice Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2824 – 2830.
Noorarniea, A.M., Supardi, K.I., Sumarni, W., & Karnawan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Stoikiometri Melalui Langkah Polya, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2414-2424.
Setyorini, A.D., Saputro, A.N.C., & Haryono (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Disertai Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Di Kelas X Mipa 2 Semester Genap SMA Batik 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 267-274.
Shadreck, M., & Enunuwe, O.C. (2017). Problem Solving Instruction for Overcoming Students Difficulties in Stoichiometric Problems. International Journal of Acta Didactica Napocensia, 10(4), 69-78.
Shui-Te, L., Kusuma, I.W., Wardani, S., & Harjito. (2018). Hasil Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Aspek Makroskopis, Mikroskopis dan Simbolik (MMS) pada Pokok Bahasan Partikulat Sifat Materi di Taiwan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2019-2030.
Sidauruk, S. (2005). Miskonsepsi stoikiometri pada siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, VII(2), 253–272.
Suhardi, A., Susanti, L.Y., & Susilawati. (2020). Pengaruh Penggunaan Mind Map terhadap Pemahaman Konsep Stoikiometri. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 106-114.
Winarni, S., Ismayani, A., & Fitriani. (2013). Kesalahan Konsep Materi Stoikiometri yang Dialami Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 43-59.
Zakiyah., Ibnu, S., & Subandi. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa Pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. EduChemia Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(1), 119-134.
Zamania, I.Z. (2008). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Raudhatul Athfal Al-Ikhlas Sukoda. Skripsi, UIN Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).