Studi literatur: Analisis miskonsepsi siswa pada topik ikatan kimia

Zulkhairi Zulkhairi

Abstrak


Miskonsepsi pada konsep kimia banyak ditemukan oleh peniliti. Pada materi ikatan kimia siswa masih mengalami miskonsepsi. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang menemukan miskonsepsi pada ikatan kimia cukup tinggi, miskonsepsi yang terjadi pada siswa ini perlu diperbaiki. Penulisan ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dan miskonsepsi siswa pada konsep ikatan kimia dengan cara melakukan ramediasi, memperhatikan gaya belajar siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran yang digunakan dalam paper ini untuk mengatasi kesulitan dan miskonpsepsi siswa pada materi ikatan kimia adalah metode pembelajaran perubahan konseptual (conceptual change). Model pembelajaran perubahan konseptual adalah model pembelajaran berlandaskan paham konstruktivisme, dimana siswa membentuk pengetahuannya sendiri dari hasil interaksinya dengan lingkungan dan pengalamannya, sehingga siswa sudah memiliki pengetahuan awal dan berubah setelah menerima konsep baru dalam pembelajaran. Bukan hanya mengatasi miskonsepsi siswa, tetapi model pembelajaran perubahan konseptual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta:: Rineka cipta.

Arifin. (1995). Pengembangan program pengajaran bidang studi kimia. Surabaya:: Airlangga University Press.

Azura, Siti, Jimy, C., & Abdullah. (2017). Identification misconception on chemical bonding using three tier diagnostic test a students in X Mia class senior high scholl. Journal Online Mahasiswa Bidang Keguruan dan ilmu Pendidikan, 4 (2), 1-13.

Birk, James, P., Martha, J., & Kurtz. (1999). Effect of exeirience on retention and elimination of misconception about molecular structure and bonding . Journal of Chemical education, 76 (1), 24-128.

Boo, Hong, K. (1998). Stundents understanding of chemical bond and the energentics of chemical reactions. Journal of Research in Science Teaching, 35 (5), 81-569.

Coll, R., Taylor, N. (2001). Alternative conceptions of chemical bonding held by upper secondary and tertiary students . Journal Research in Science and Tecnological Education, 19 (2), 71-171.

Haluk, O. (2004). Some student misconception in chemistry: a literatur review of chemical bonding. Journal Physic Education and Tecnology, 13 (2), 147-159.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelly, E. (1999). Misconception an the certainty of response index. Journal Physics Education, 34 (5), 294-299.

Levy, N., Mamlok, N., Hofstein, A., & Krajcik, J. (2007). Developing a new teaching approach for the chemical bonding concep aligned with current and pendogical knowledge. Journal Science Education, 9 (1), 579-603.

Pabuccu, A., Geban, O. (2006). Remediating misconception concerning chemical bonding through conceptual change text. Journal of Education, (30), 184-192.

Pendley, B., D., Breitz, R., L., & Novak, J., D. (1994). Concep maps as a tool to asses learning in chemistry . Journal of Chemical Education, 71 (1), 9-15.

Senol, S. (2017). The development of a three tier chemical bonding concept test. Journal of Chemical Education, 14 (1), 26-110.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Jakarta:: Grasindo.

Suyono, Amaria, Muchlis, & Setiarso. (2014). Diseminasi model prevensi dan kurasi miskonsepsi siswa pada konsep kimia. Surabaya: LPPM Unesa.

Syaiful, H. (2016). Analisis Perkembangan konseptual siswa dalam memahami konsep tinggi segitiga. Tulungganggung:: IAIN Tulungganggung.

Taber, K. (1997). Student understanding of ionic bonding: molecular versus electrostatic framework. School Science Review , 78 (285), 85-95.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1625

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â