Studi literatur: Kesulitan siswa pada pembelajaran kimia SMA topik sel volta

Penulis

  • Nursida Sutantri

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi11624

Kata Kunci:

sel volta, representasi, miskonsepsi, visualisasi

Abstrak

Sel volta merupakan salah satu konsep kimia pada kelas XII SMA yang memerlukan kemampuan siswa dalam mengintegrasikan level makroskopik, submikroskopik dan simbolik agar mendapatkan pemahaman yang utuh. Tantangan mengintegrasikan tiga level representasi tersebut menjadi salah satu penyebab ditemukannya miskonsepsi dan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Miskonsepsi dan kesulitan yang dialami siswa antara lain dalam konsep aliran listrik dalam sel volta, elektroda pada sel galvani, potensial elektroda dan potensial sel. Untuk mengatasi miskonsepsi dan kesulitan pada materi sel volta tersebut sudah dilakukan berbagai upaya, diantaranya penerapan pembelajaran dengan perubahan konseptual untuk mereduksi miskonsepsi dan penggunaan visualisasi dalam bentuk media animasi, gambar dan video menjadi upaya untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep sel volta. Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajaran pada konsep sel volta perlu memperhatikan strategi pembelajaran dan media yang dapat memfasilitasi tiga level representasi pada konsep sel volta.

Referensi

Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika, 5-7.

Asih, F. E., Ibnu, S., & Suharti. (2018). Pengaruh Karakteristik Representasi Submikroskopik Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Topik Elektrokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 1-9.

Asnawi, R., Effendy, & Yahmin. (2017). Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Dan Miskonsepsi Pada Materi Elektrokimia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25-33.

Cahyono, T. D., Masykuri, M., & Ashadi. (2016). Kontribusi Kemampuan Numerik Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrolisis Kelas Xi Mia1 Dan Xi Mia 5 Sma Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 81-88.

Dorsah, P., & Yaayin, B. (2019). Altering Students' Misconceptions in Electrochemistry Using Conceptual Change Texts. International Journal Of Innovative Research and Development.

Farida, M. (2018). Bidang Kajian dan Model-model Penelitian Pendidikan Kimia. Bandung: LP2M.

Helsy, I., Maryamah, Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Volta-Based Cells Materials Chemical Multiple Representation to Improve Ability of Student Representation. Journal of Physics: Conf. Series, 895.

Inayati, R., & Sukarmin. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Voltachem Untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Sub Materi Pokok Sel Volta. UNESA Journal of Chemical Education, 35-41.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 110-119.

KaramustafaoÄŸlu, S., & Mamlok-Naaman, R. (2015). Understanding Electrochemistry Concepts using the Predict-ObserveExplain Strategy. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 923-936.

LIN, H.-S., YANG, T. C., CHIU, H.-L., & CHOU, A. C.-Y. (2002). Students’ Difficulties in Learning Electrochemistry. Proc. Natl. Sci. Counc. ROC(D), 100-105.

Nisa, N. A., & Fitriza, Z. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menengah Atas (SMA) Pada Pembelajaran Kimia Materi Redoks dan Elektrokimia : Studi Literatur. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1191 - 1198.

Rokhim, D. A., Syafruddin, A. B., & Widarti, H. R. (2020). Analysis of Need for Teaching Materials Based STEM-PjBL Assisted by Instructional Videos on Topic Voltaic Cells. Pedagogia : Jurnal Pendidikan.

Setiawan, N. C., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Memfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 107-115.

Supasorn, S. (2015). Grade 12 students’ conceptual understanding and mental models of galvanic cells before and after learning by using small-scale experiments in conjunction with a model kit. Chemistry Education Research and Practice, 393.

Treagust, D. F. (2006). Diagnostic assessment in Science as a means to improving teaching, learning and retention. UniServe Science Assessment Symposium Proceedings, (pp. 1-9). Australia.

Yunita. (2014). Model Pembelajaran Prediksi, Observasi, Dan Eksplanasi (Poe) Pada Pembelajaran Konsep Sel Volta. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) or Journal of Mathematics and Science Teaching, 241-247

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-27