Analisis kemampuan calon guru IPA mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran menggunakan SAMR
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11601Abstrak
Pembelajaran di masa pandemi Covid 19 mengharuskan guru memiliki kemampuan dalam teknologi untuk mendukung pembelajaran. Pembelajaran model ini menjadi new normal dalam pendidikan. Oleh karena itu, calon guru harus memiliki kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan calon guru IPA dalam mengintergasikan teknologi dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan microteaching semster ganjil 2021/2022 sebanyak 6 orang. Pofil kemampuan  calon guru IPA dalam mengintegrasikan teknologi diperoleh dari observasi pembelajaran yang disimulasikan. Tingkatan integrasi teknologi dalam pembelajaran dikelompokan menggunakan SAMR. Hasilnya diperoleh bahwa mahasiswa calon guru IPA dalam mengintegrasikan pembelajaran masih berada pada tingkat subtitution. Pada tingkat ini, teknologi digunakan pada pembelajaran hanya sebatas pengganti dan tidak ada peningkatan fungsional teknologi di pembelajaran.
Referensi
Ahmad, N., et al. (2021). The Effect Of Interactive Computer Animation And Simulation On Students’ Achievement And Motivation In Learning Electrochemistry. JPII 10 (3) (2021) 311-324
Castro, S. (2018). Google Forms Quizzes and Substitution, Augmentation, Modification, and Redefinition (SAMR) Model Integration. Issues and Trends in Educational Technology Volume 6, No.2
Chaeroni, Y. et al. (2019). Penerapan I-Spring Suite 8 Pada Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Program Linear Di Tingkat Sekolah Menengah. Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia Volume 2, Nomor 2
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang
Elliniawat, E. et al. (2021). Face-to-face mode vs. Online mode: a discrepancy in analogy-based learning during covid-19 pandemic. JPII 10 (3) (2021) 368-377
Hunter, J. (2015). Technology integration and high possibility classrooms: Building from TPACK. Routledge
Juanda, A., et al. (2021). Teacher Learning Management: Investigating Biology Teachers’ TPACK To Conduct Learning During The Covid-19 Outbreak. JPII 10 (1) (2021) 48-59
Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima Vol.07/2
Larasati, D. & Sukisno, M. (2014). Penggunaan Media Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Lintas Minat Di Sma Negeri 3 Pekalongan. Unnes Physic Education Journal 3 (3)
Minalti, M & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar
Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies Volume 4 Nomor 1
Muktiarni. (2021). Integration of The SAMR Learning Model In Vocational Education. Jurnal UPI Volume 10 Issue 1, Hal 83-88
Muliadi, A., Prayogi, S., Bahalwan, F., Nirmala, W., & Verawati, N. (2021). Online Learning During the Covid-19 Pandemic: Preservice Teacher’s Perception. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 464-467
Niswatin, K. & Zainiyaiti, H. (2020). Implementasi Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification , Redefinition) di MI Al-Ishlah Glagah Lamongan. Tadris Jurnal Pendidikan Islam
Nurmalahayati, N., Salmiati, A., & Izasatifa, B. (2022). Analysis of the Covid-19 Learning Process and Knowledge Integration in the Education Unit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 140–146
Nuryani, D. & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Puentedura, R. R. (2014a). SAMR and TPCK: A Hands-On Approach to Classroom Practice. Ruben R. Puentedura’s Weblog. Diakses tanggal 2 Januari 2022 dari
Purnasari, P.,& Sadewo, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 10 Nomor 3
Salsabila, U. et al. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Univeristas Jambi Vol. 4 No.2
Savignano, M. A. (2017). Educators' Percpetions of the Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition Model for Technology Integration. University of Northern Colorado
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Vol. 2, No.1, 2019, hal. 774-783
Suyamto, J., et al. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA Vol. 9 No.1
Zainal, M. (2020). Integrasi Model SAMR (Subtitution, Augmentation, Modification, and Redefinition) pada Diklat Jarak Jauh Balai Diklat Keagamaan Makassar. Jurnal Widyaiswara Indonesia Vol. 1, No. 3, pp. 155-163
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).