Nilai Tambah Pengolahan Dan Efesiensi Saluran Pemasaran Bubuk Kopi Arabika (Coffea Arabica L.) Studi Kasus Sam’s Coffee Di Kabupaten Solok

Penulis

  • Dian Fauzi Universitas Tamansiswa
  • Dwi Universitas Tamansiswa Padang
  • Alvindo Dermawan Universitas Tamansiswa Padang

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v8i1.42343

Kata Kunci:

Bubuk Kopi, Efesiensi Pemasaran, Nilai Tambah, Pendapatan

Abstrak

Sam’s Coffee adalah salah satu industri kecil menengah (IKM) yang bergerak di bidang pengolahan kopi arabika menjadi bubuk kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan produk olahan bubuk kopi, nilai tambah yang dihasilkan dari proses pengolahan, saluran pemasaran, serta efesiensi pemasaran yang diterapkan oleh Sam’s Coffee. Menggunakan metode studi kasus secara purposive di Sam’s Coffee. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dan kuantitatif, dengan pendekatan analisis pendapatan dan keuntungan, analisis nilai tambah menggunakan metode Hayami, serta analisis saluran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam setiap siklus produksi, Sam’s Coffee memperoleh pendapatan sebesar Rp488.650,25 dengan keuntungan bersih Rp402.167,66. Meskipun keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar, usaha ini tetap menguntungkan dan memiliki potensi untuk berkembang lebih lanjut melalui efisiensi biaya produksi dan strategi pemasaran yang lebih optimal. Proses pengolahan cherry merah menjadi bubuk kopi menghasilkan rasio nilai tambah sebesar 1,56 persen, menunjukkan kontribusi positif dari pengolahan terhadap peningkatan nilai produk akhir. Dalam hal pemasaran, Sam’s Coffee menggunakan saluran pemasaran tingkat nol (Zero Level Channel), di mana produk dijual langsung kepada konsumen melalui outlet dan platform digital. Pemasaran juga diperkuat dengan partisipasi dalam event dan bazar untuk memperluas jaringan pasar. Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan efisiensi yang sangat tinggi dengan nilai sebesar 0,97 persen, mengindikasikan bahwa biaya pemasaran yang dikeluarkan relatif rendah sehingga memberikan daya saing harga yang baik di pasar.

Referensi

Baroh, I., Selby Hamzah, M., & Harpowo, H. (2021). Analisis Pemasaran Biji Kopi Robusta di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 4(1), 65–74.

Ananda et al. (2021). Nilai Tambah dan Efesiensi Pemasaran Bubuk Kopi Janggut di Jorong Sungai Lambai Kanagarian Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. 3(2), 53–62.

Asmarantaka, R. (2012). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Departement Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

BPS Kab. Solok. (2024). Data Luas Lahan, Produksi dan Produktivitas Kopi Arabika di Kabupaten Solok 2024. 1–660. 8/kabupaten-solok-dalam-angka-2023.html

BPS Sumbar. (2024). Data Luas Lahan, Produksi dan Produktivitas Kopi Arabika di Sumatera Barat 2024. Badan Pusat Statistik.

Hidayat, M. R., Wathoni, N., & Amiruddin, A. (2020). Analisis Nilai Tambah Dan Pemasaran Kopi Organik: Studi Kasus Pada Kelompok Tani Mule Paice Di Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Agroteksos, 30(3), 161.

Paloma, C., Yusmarni, Y., Utami, A. S., & Hasnah, H. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Pembiayaan Terhadap Pendapatan Petani Kopi Di Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 19(2), 301–314.

Pratama, A., & Yulianto, H. 2022. Pengaruh Standar Pascapanen terhadap Rendemen dan Kualitas Kopi Arabika Specialty di Sumatera Barat. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 33(1), 67-75.

Rizki, M. & Sari, N. (2019). Efektivitas Saluran Distribusi Langsung dalam Industri Kopi di Indonesia: Studi Kasus di Jawa Barat. Jurnal Pemasaran Indonesia, 17(3), 234-247.

Soekartawi. (2002). Panduan Membuat Usaha Proyek Pertanian dan Perdesaan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryani, T. & Wijaya, R. (2022). Studi Tentang Efisiensi Pemasaran Produk Kopi dengan Saluran Distribusi Langsung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 128-137.

Wijaya, R., Suprapto, H., & Lestari, D. (2021). Analisis Penyusutan Peralatan dan Implikasinya terhadap Biaya Produksi Kopi Bubuk. Jurnal Teknologi Pangan dan Agroindustri,14(3).98-113.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)