MANAJEMEN RANTAI PASOK MANGGA MANALAGI DI KABUPATEN SITUBONDO DENGAN PENDEKATAN FOOD SUPPLY CHAIN NETWORKING

Puryantoro Puryantoro, Evita Soliha Hani, Sri Subekti

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen rantai pasok mangga manalagi di Situbondo.Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan sengaja (Purposive Method) di Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Pengambilan petani sampel dilakukan dengan menggunakan metode Proportional random sampling. Pengambilan responden pelaku rantai pasok mangga setelah petani ditentukan dengan metode Snowball sampling. Penelitian dengan pendekatan metode kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dilakukan secara deskriptif sesuai dengan kerangka Food Supply Chain Networking (FSCN). Kondisi manajemen rantai pasok mangga manalagi di Kabupaten Situbondo saat ini masih belum berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat pada struktur rantai pasok belum yang terintegrasi dengan baik antara anggota primer dalam rantai pasok. Hal tersebut dikarenakan aliran informasi hanya terjadi pada konsumen akhir, pedagang pengecer, pedagang pengepul dan pedagang pengumpul. Sementara petani tidak mendapatkan aliran informasi baik mengenai pasar, harga, kualitas dan kuantitas yang diinginkan konsumen kecuali petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Kata Kunci


Supply Chain, FSCN, Mangga.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Badan Pusat Statistik. 2014. Potret Usaha Pertanian Kabupaten Situbondo Menurut Subsektor. Badan Pusat Statistik Kab. Situbondo.

Lambert DM, Cooper MC, Pagh JD. 1998. Supply Chain Management : Implementation Issues and Research Oppurtunities. The International Journal of Logistics Management. Vol 9(2): 1-19 (25 Mei 2016).

Nugraha AC. 2011. Akar Wangi Di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Departemen Manajemen.

Qhoirunisa A. 2014. Rantai Pasok Padi di Kabupaten Bogor Jawa Barat. [tesis]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Supriatna A. 2010. Kajian Kelayakan Usahatani Dan Marjin Tataniaga Mangga (Mangifera indica ) ( Studi kasus di Kabupaten Majalengka , Jawa Barat ), 166–178.

Van der Vorst JGAJ. 2006. Quantifying the Agri-Food Supply Chain. Amsterdam (NLD): Logistics and Operations Research Group, Wageningen University.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v1i1.372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.