Public Perception of Economic Social The Presence Of Livestock Chicken Laying In Maritengngae District, Sidenreng Rappang Regency

Andi Wulandari, Suherman Suherman, Nurhapsa Nurhapsa

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap dampak sosial ekonomi yang keberadaan peternakan ayam ras petelur di Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan peternak sebanyak 44 orang dan data sekunder yang diperoleh dari instansi yang terkait dengan penelitian ini. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan peternakan ayam ras petelur memberikan dampak negatif dan dampak positif terhadap masyarakat di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap. Dampak positifnya adalah tersedianya lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja bagi masyarakat disekitar lokasi peternakan sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat. Sedangkan dampak negatifnya adalah terjadinya polusi udara yang disebabkan oleh bau yang tidak sedap dari tumpukan limbah yang dihasilkan oleh usaha peternakan ayam ras. Oleh karena itu disarankan agar para peternak melakukan pengolahan limbah untuk mengurangi bau tidak sedap yang ditimbulkan usaha peternakan ayam ras. Selain itu, juga diperlukan peran pemerintah daerah untuk memberikan pembinaan kepada para peternak ayam ras di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang.

Kata Kunci


Dampak Sosial Ekonomi, Persepsi Masyarakat, Peternakan Ayam Ras

Teks Lengkap:

Download(PDF)

Referensi


Nurhapsa, Kartini N, Arham. 2015. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Bawang Merah di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Jurnal Galung Tropika, Vol 4 (3): 137-143.

Rahman. 2012. Cara Mengukur Potensi Harga Tanah. http://propert

ytoday.co.id/cara-mengukur-potensi-harga-tanah.html. (Diakses pada tanggal 20 Agustus 2015).

Rohani S, Susanti I. 2011. Profil Peternak Ayam Petelur Berdasarkan Skala Usaha di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

Santoso U. 2010. Dampak Usaha Peternakan Ayam boiler. https://uwityangyoyo.wordpress.com/2010/09/28/dampak-usaha-

peternakan-ayam-broiler/. (Diakses pada tanggal1 6 Agustus 2015).

Sapariah. 2015. Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Perawatan pada PT. Mulia Bhakti Kahuripan. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Sauvan. 2011. Vaksinasi dan Penyakit. http://mediahidup.Blogspot.com/2011/05/vaksinasi-dan-penyakit.html. (Diakses pada tanggal 19 Agustus 2015)

Triyuana C. 2004. Keberadaan Peternakan Ayam “PT.Wonokoyo†Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar. [skripsi]. Semarang (ID) : Universitas Muhammadiyah Semarang (Diakses pada tanggal 14 Juni 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v1i1.369

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.