PERAN PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENINGKATAN ADOPSI GOOD AGRICULTURAL PRACTICE JAGUNG HIBRIDA

Elwiya Kailan, Asdad Rauf, Zulham Sirajuddin

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi komponen-komponen inovasi pada budidaya jagung hibrida dalam GAP jagung, mengidentifikasi keberagaman adopsi terhadap komponen teknologi dalam GAP yang dilakukan oleh petani, dan mengidentifikasi peran penyuluhan pertanian terhadap peningkatan adopsi GAP jagung hibrida. Penelitian ini berlokasi di Desa Mongiilo Utara, yang terletak di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan mixed-method kualitatif-kuantitatif terhadap 60 petani jagung sebagai responden. Hasil identifikasi komponen inovasi pada budidaya jagung hibrida dalam sepuluh perlakuan GAP dapat digolongkat dua fase yaitu Of-farm meliputi penggunaan benih jagung yang bermutu sesuai rekomendasi penyuluh, penanaman satu benih persatu lubang, menggunakan jarak tanam sesuai petunjuk penyuluh, pemupukan yang tepat jumlah dan waktu sesuai rekomendasi, penyiangan/pembersihan gulma, penggunaan pupuk organik, pembumbunan pada akar jagung, pengendalian hama dan penyakit pada tanaman, serta pada fase pascapanen yaitu: panen tepat waktu dan pengeringan segera setelah panen. Tingkat adopsi GAP jagung di Desa Mongiilo Utara yang tertinggi yaitu panen tepat waktu dan pengeringan segera setelah panen. Sementaraadopsi terendah adalah penggunaan pupuk organik dan pembumbunan pada akar jagung. Penyuluhan pertanian di Desa Meongiilo Utara cukup berperan penting dalam menyebarluaskan adopsi inovasi sebab cukup banyak berpengaruh terhadap komponen inovasi yang direkomendasikan kepada petani. Oleh karena itu, disarankan agar penyuluhan pertanian lebih massive lagi dalam menyebarluaskan inovasi untuk membantu petani meningkatkan produksi jagung.

Kata Kunci


GAP, jagung hibrida, adopsi inovasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis produktivitas jagung dan kedelai di indonesia, 2021. Badan Pusat Statistik, Jakarta, Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2018). Kecamatan Bulango Ulu Dalam Angka. Badan Pusat Statistik, Jakarta, Indonesia.

Creswell, W., & Clark, P. l. (2018). Desingning and conducting mixed methods research third edition. Sage Publication.

Fatmawati, & Sirajuddin, Z. (2019). Analisis margin dan efisiensi saluran pemasaran petani jagung. Jurnal Agriculture Technology , 2 (1), 20-29.

Kartikasari, R., Hertanto, S., Santoso, I., & Nuhriawangsa, P. (2018). Kualitas fisik daging ayam broiler yang diberi pakan berbasis jagung dan kedelai dengan suplementasi tepung purslane (Portulaca Oleracea). Teknologi Pangan , 12, 64-71.

Lapui, A. R., Nopriani, U., & Helmi, M. (2021). Analisis Kandungan Nutrisi Tepung Jagung (Zea mays Lam) dari Desa. Jurnal Agropet , 18 (2), 43-46.

Mustika, L., Agustina, F., & Pranoto, S. (2019). Analisis kelayakan finansial usahatani lada putih dengan metode good agricultural practice (GAP) dan kelayakan usaha lada bubuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Of Integrate Agribusiness , 1 (1), 12.

Ni'mah, & Khoiriyatun, S. (2020). Strategi pemasaran benih jagung hibrida pada pt asinan hybrida seed technologies indonesia di kabupaten jember. SIPORA , 1-5.

Sodiq, S., & Haryanto, T. (2021). Analisis efisiensi teknis usahatani padi dan jagung. Gorontalo Development Review , 4 (1), 3.

Varina, F. (2018). Dampak Tarif Impor Jagung Terhadap Kesejahteraan Pelaku Pasar Jagung Indonesia. Jurnal Argosaisn Dan Teknologi , 3 (1), 48-64.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v7i1.3332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.