UPAYA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN SERTA PENGELOLAAN POTENSI KAMPUNG SUKASENANG MELALUI KEGIATAN PENGOLAHAN PERMEN JELLY DAN KERIPIK DARI WORTEL

Masripah Masripah, Ade Holis, Nurul Fatonah

Sari


Desa Cidatar merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Mayoritas masyarakat desanya terdapat pada sektor pertanian. Salah satu Kampung yang masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani adalah Desa Sukasenang, yaitu mayoritas petani wortel. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan perekonomian keluarga di Kampung Sukasenang, Desa Cidatar, Kabupaten Garut dengan cara memberdayakan perempuan melalui kediatan pengolahan permen jelly dan keripik yang terbuat dari wortel agar petani di sana tidak terjerat oleh Bank Emok (Rentenir) yang semakin merajalela di daerah perkampungan. Berdasarkan hasil observasi dari kegiatan pengabdian ini masyarakat atau petani di Kampung Sukasenang merasa senang dan cukup puas dengan adanya pengabdian yang dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswanya. Petani di sana dirasa mendapatkan ilmu baru tentang pemanfaatan tanaman wortel. Wortel tidak hanya dijadikan sebagai makanan hewan ternak saja, namun dapat diolah menjadi makanan yang bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai peluang dalam berkegiatan wirausaha dengan mengolahnya menjadi permen jelly dan keripik wortel. Berdasarkan analisa, dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat merasa teredukasi dan memiliki peluang bisnis yang bagus untuk ke depannya. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bibliography

Amin, C., & Arinda, R. T. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT : JENIS TANAMAN OBAT, DESAIN PERANCANGAN DAN PELAKSANAAN TAMAN TOGA. Jurnal Suara Pengabdian 45, 01-09.

Farinanda, M. K., Sani, E. Y., & Putri, A. S. (n.d.). PENGARUH PENAMBAHAN KARAGENAN TERHADAP SIFAT FISIKA, KIMIA, DAN SENSORI PERMEN JELLY WORTEL (Daucus carota L).

Hildayanti, A., & Machrizzandi , M. S. (2022). MENGENAL POLA PERILAKU PENGHUNI MELALUI METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR) DI RUMAH SUSUN MARISO KELURAHAN LETTE KOTA MAKASSAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 164-172.

Raihana, F., Fahriyah, & Rini, M. (2022). EFISIENSI BIAYA USAHATANI WORTEL PADA PETANI PENGGUNA PGPR DAN NON PGPR DI DESA SUMBER BRANTAS, KECAMATAN BUMIAJI, KOTA BATU. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agrobisnis, 1469-1492.

Raswen, E., Yusmarini, & Zulkifli. (2018). PEMBUATAN PERMEN JELLY DARI WORTEL DAN BONGGOL NANAS. 408-417.

Soeprapto, H., & Ariadi, H. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGELOLAAN POTENSI DESA PESISIR MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA IKAN . Jurnal Pengabdian Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v6i2.3258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.