STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI TAHU DI NAGARI KUNANGAN PARITRANTANG, KECAMATAN KAMANG BARU, KABUPATEN SIJUNJUNG

Pebri Adrianto Prasetia, Muhammad Hendri, Rini Hakimi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi strategi pengembangan agroindustri tahu di Nagari Kunangan Paritrantang, (2) melakukan perumusan strategi pengembangan usaha agroindustri tahu di Nagari Kunangan Paritrantang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – April 2023 di Nagari Kunangan Paritrantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara langsung, dan studi literatur. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari analisis Matrik IFE memiliki total skor 2,52. Hal ini mengindikasikan bahwa agroindustri tahu memiliki posisi internal yang kuat. Selanjutnya di dalam Matriks EFE memiliki total skor 3,73. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu merespon dengan baik terhadap peluang dan ancaman yang datang. Kemudian melakukan analisis Matriks SWOT untuk membuat alternatif strategi yang akan di analisis menggunakan Matriks QSPM. Hasil analisis matriks QSPM menetapkan alternatif strategi yang terpilih adalah pembentukan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (KOPTI) dan berkerjasama dengan dinas terkait untuk mengikuti pelatihan, meningkatkan kualitas produk melalui pengolahan yang modern dan pengemasan lebih baik dengan skor 6,438. Disamping itu, disarankan membentuk lembaga Koperasi Tahu Tempe Indonesia (KOPTI) yang mewadahi dan mendukung pengembangan usaha agroindustri tahu di Nagari Kunangan Paritrantang serta tekonologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas tahu yang dihasilkan.


Kata Kunci


Tahu, Strategi, EFE, IFE, SWOT, QSPM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antoni, E., Arsyad, A., & Miftah, H. (2015). Analisis Kinerja Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Kopti) di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan Metode Balanced Scorecard. Jurnal AgribiSains, 1(2), 1-7.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Industri Manufaktur Bahan Baku Tahun 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat.

Dirwan, Hamzens, W. P. S., & Alamsyar, A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Pada Industri Tahu Mitra Cemangi Kota Palu. Jurnal Agrotekbis, 11(1), 83-94.

Irwansyah, R., Indra, S. B., & Supristiwendi. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Di Kecamatan Sei Bingai Sumatera Utara JEMBA (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi), 1(4, Juli 2022), 615-624.

Kemenperin. (2022). Kontribusi Industri Makanan dan Minuman. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Kementerian Pertanian. (2022). Statistik Konsumsi Pangan 2022. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Masrin, I., & Rachmi, L. (2019). Strategi SWOT Pada Pemasaran Tahu Alami Lubuk Buaya Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1, Juni 2019), 135-144.

Monique, E. P., & Nasution, S. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Teguh Pribadi di Bengkulu Tengah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 133-143.

Purba, M. H. W., Hakim, L., & Wardhana, M. Y. (2020). Strategi Pengembangan Industri Kecil Tahu Solo Di Desa Punge Blang Cut Kecamatan Meuraxa Kota Banda Ace. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 4(3), 457-466.

Siregar, G., Salman, & Wati, L. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Tahu Rumah Tangga. Agrium, 19(1, Oktober 2014), 12-20.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v7i1.3057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.